cara memasarkan produk
Informasi, Tips

Cara Memasarkan Produk Secara Online dengan Blog

Pada era sekarang ini kehidupan manusia tidak pernah terlepas dari aktivitas online atau internet. Oleh sebab itu strategi pemasaran online atau strategi marketing online merupakan salah satu hal yang cukup diandalkan dalam sebuah bisnis.

Hampir semua kalangan dan profesi pasti membutuhkan akses ke internet untuk memudahkan berbagai aktivitas mereka. Termasuk juga untuk para pebisnis. Pebisnis butuh internet untuk bisa menjangkau pasar dengan lebih luas dan tak terbatas.

Pada sisi lain aktivitas online juga bisa dijadikan sebagai cara memasarkan produk secara online yang terbilang cukup efektif untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak.

Cara Memasarkan Produk Secara Online

cara memasarkan produk
cara memasarkan produk

Pada dasarnya cara memasangkan produk secara online tidak membutuhkan biaya besar. Bahkan ada pula yang gratis. Kuncinya para pelaku usaha harus berusaha dan mau belajar.

Para pelaku usaha hanya membutuhkan laptop atau smartphone masing-masing sebagai koneksi internet untuk memasarkan produk secara online. Nah berikut merupakan beberapa strategi memasarkan produk secara online.

Baca juga: Manfaat Press Release Untuk Pengenalan Produk

1.Content Marketing dengan Menggandeng Blogger

Penggunaan internet biasanya selalu mencari berbagai informasi terkait apa saja yang mereka butuhkan. Oleh sebab itu cara pemasaran secara online melalui content marketing terbilang cukup efektif.

Tak hanya bisa menjual produk, kamu juga bisa menampilkan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh para pelanggan dari konten yang disajikan. Konten tersebut bisa berupa video teks artikel, gambar atau hasil riset tertentu.

Tidak dapat disangkal lagi, content marketing telah menjadi salah satu strategi pemasaran online yang paling efektif. Bagi mereka yang ingin memperdalam ilmu dalam bidang ini dan menguasai strategi digital yang lebih luas, mengikuti bootcamp digital marketing bisa menjadi langkah tepat selanjutnya.

Dalam bootcamp digital marketing, Anda tidak juga hanya bisa belajar seputar content marketing, tapi juga mengenal ciri backlink berkualitas tinggi untuk kebutuhan ampifikasi dan optimasi konten website bisnis.

2.Visual Marketing untuk Pengenalan Produk

Ada yang mengatakan jika gambar berbicara jauh lebih baik daripada teks panjang lebar. Bahkan ada pula yang mengatakan jika satu gambar mewakili 1000 kata.

Hal inilah yang menjadi kekuatan visual marketing. Cara memasarkan produk secara online yang satu ini selalu mengedepankan bagaimana cara untuk bisa menciptakan objek visual yang mampu mewakili produk kamu.

Visual marketing tak hanya ada di dunia nyata namun juga bisa di dunia maya. Namun kamu perlu bekerja sama dengan berbagai pihak untuk bisa menyediakan gambar visual yang tajam dan mengundang konsumen.

3.Continuous Marketing via Media Sosial

Untuk bisa menjalankan cara pemasaran online ini, media sosial seperti Twitter, Facebook atau Instagram merupakan pilihan yang tepat. Pemasaran berkelanjutan selalu menekankan pada aktivitas promosi di jejaring media sosial.

Namun akan jauh lebih baik jika para pelaku bisnis melakukan analisis data terlebih dahulu mengenai konsep produk yang sesuai, demografi feedback pelanggan dan opini para pelanggan.

4.Integrated Digital Marketing

Cara pemasaran online ini terbilang cukup powerful. Sebab semua komponen sumber daya digital dilakukan secara maksimal. Artinya semua cara dilakukan guna memperkuat efektivitas strategi pemasaran online dengan memanfaatkan sebaik-baiknya.

Mulai dari membuat website atau blog, melakukan iklan atau kampanye brand, menggunakan media sosial dan lainnya. Namun dibutuhkan orang yang mengetahui tentang seluk beluk dunia digital termasuk juga dunia marketing.

Strategi Pemasaran Online Kekinian

strategi pemasaran online kekinian
strategi pemasaran online kekinian

Setelah mengetahui strategi pemasaran secara online, penting juga bagi kamu untuk mencari tahu bagaimana tips pemasaran online ala milenial. Tips ini membantu kamu untuk bisa menjangkau target pelanggan potensial dengan lebih luas.

  • Pilih Nama Brand yang Mudah Diingat

Maksud poin ini adalah mudah untuk diucapkan dan juga mudah untuk diingat. Semakin mudah merek tersebut diucapkan maka semakin mudah juga untuk diingat. Jadi orang akan merasa terus membicarakan produk kamu.

Saat ini ada banyak sekali brand yang dimiliki para milenial dengan nama aneh dan nyeleneh. Hal ini ternyata bertujuan agar merek tersebut mudah diingat dan menjadi perbincangan di masyarakat.

  • Buat Website dan Akun Media Sosial

Website dan media sosial merupakan ujung tombak dari strategi pemasaran secara online. Jika kamu tidak bisa mengendalikan website dan media sosial, maka akan sulit untuk menunjukkan eksistensi bisnis secara maya.

Namun penting untuk menyesuaikan media sosial dengan target pasar. Contohnya Jika kamu memiliki target pasar berusia 20 – 35 tahun. Maka media sosial seperti Instagram bisa dijadikan sebagai pilihan tepat.

Selain itu jika target pasar yang kamu miliki demografi di luar kota maka Facebook menjadi salah satu pilihan yang tepat.

  • Berikan Promosi Spesial

Hal ini mungkin terkesan sepele, namun tahukah kamu jika memberi promosi spesial juga merupakan salah satu strategi marketing online yang cukup diminati oleh pelanggan.

Memberikan promosi spesial memungkinkan kamu untuk bisa menarik konsumen baru atau pelanggan lama untuk kembali membeli produk atau jasa tersebut.

Berikan diskon yang menarik dan sering namun tetap lakukan perhitungan bagi bisnis. Jangan sampai kamu merugi karena terlalu memberikan diskon.

Itu dia penjelasan mengenai cara memasarkan produk secara online yang efektif untuk mendapatkan pelanggan potensial. Melalui beberapa ulasan di atas pasti kamu sudah memiliki gambaran terkait metode mana yang pas untuk bisnis, bukan?

Sekarang tinggal eksekusi, semoga sukses!

Posted by
Andy N

Founder Backlink.co.id | Blogger & SEO Specialist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *