Topik Blog yang Paling Banyak Dikunjungi
Informasi

11 Topik Blog yang Paling Banyak Dikunjungi

Mencari topik blog merupakan salah satu tahapan jika kamu ingin sukses menjadi seorang blogger. Alhasil, tidak heran jika banyak orang mencari informasi terkait topik blog yang banyak dikunjungi di internet, agar website mereka bisa cepat populer.

Lantas, bagaimana cara menemukan topik blog yang banyak dikunjungi? Ada beberapa kiat atau teknik yang bisa kamu gunakan untuk menemukan niche blog yang ramai pengunjung.

Misalnya dengan melakukan riset keyword secara mendalam, mengamati trend, atau bertanya kepada para blogger senior yang sudah punya banyak pengalaman.

Sebagai informasi, pemilihan topik blog sendiri punya pengaruh besar dalam hal masa depan sebuah website. Terutama jika situs yang dikelola hanya punya satu tujuan, yakni untuk mendapatkan uang secara online dari iklan.

Nah, agar kamu bisa lebih mudah dan tidak perlu pusing melakukan riset dan percobaan, pada artikel kali ini Backlink.co.id sudah merangkum topik blog menarik yang bisa kamu jadikan sebagai referensi sebelum membuat blog.

Bagaimana Cara Memilih Topik Blog?

Topik Blog yang Paling Banyak Dikunjungi
Topik Blog yang Paling Banyak Dikunjungi

Sebelum memilih topik blog, sebaiknya kamu perlu bertanya kepada diri sendiri, kira-kira topik dan bidang apa yang kamu kuasai? Apakah kamu bisa menulis informasi yang unik di niche tersebut? Bagaimana dengan kondisi persaingan saat ini, apakah sudah banyak blogger di topik tersebut?

Jika kamu belum punya jawaban dari berbagai pertanyaan tersebut, kamu bisa menggunakan poin-poin dibawah ini untuk menentukan topik blog yang paling sesuai.

  • Pilih Topik Paling Dekat dengan Aktivitas Sehari-hari

Mencari topik blog sama halnya seperti mencari calon istri, kuncinya ada pada kesetiaan dan seberapa besar penerimaan yang bisa kamu lakukan.

Paling baik adalah memilih niche blog yang paling dekat dengan aktivitas sehari-hari. Sebagai contoh, jika kamu merupakan seorang web developer, maka kamu bisa membuat blog dengan niche seputar dunia pemrograman.

Begitu juga jika kamu merupakan seorang sarjana pertanian yang sehari-hari bekerja di perkebunan, membangun blog dengan topik seputar industri pertanian serta tips bercocok tanam mungkin bisa memberikan kamu rasa nyaman.

  • Sesuaikan dengan Hobi

Selain memilih tema blog dari aktivitas yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari, kamu juga bisa membangun blog dengan topik seputar hobby.

Kabar baiknya, banyak blogger yang berhasil sukses dengan menempuh jalan ini. Contoh blog dengan tema hobby di antaranya seperti omkicau.com yang membahas seputar dunia burung.

  • Pengalaman Bisa Menjadi Senjata untuk Memperkaya Informasi

Bagaimana cara memilih topik blog yang tepat? Pengalaman adalah senjata yang bisa digunakan untuk memperkaya informasi. Kamu bisa memilih niche blog sesuai pengalaman yang kamu miliki.

Misalnya, jika kamu punya banyak pengalaman di bidang otomotif, maka memilih topik blog otomotif merupakan salah satu opsi menarik.

Pada dasarnya, mayoritas blogger sukses di Indonesia bisa dikenal luas karena mereka punya pengalaman unik yang tidak dimiliki orang lain. Itu artinya, konten artikel mereka bisa lebih unik dan bermanfaat di mata pengunjung maupun search engine.

  • Pastikan Topik Blog Punya Segmen Pembaca

Hal lain yang juga perlu kamu pertimbangkan sebelum memilih tema blog yakni memastikan bahwa topik tersebut punya segmen pembaca.

Ada banyak cara untuk melakukan verifikasi terkait hal ini. Misalnya dengan cara melakukan keyword research lewat tools SEO seperti Ahrefs, Semrush, atau Ubersuggest.

Informasi yang perlu kamu ketahui antara lain seputar search volume atau jumlah pencarian dalam satu bulan, trend dari waktu ke waktu, serta variasi keyword yang biasa digunakan.

  • Cek Potensi Pendapatan via Iklan

Terakhir, pembuatan blog berdasarkan genre atau topik dengan CPC (Cost per Click) tinggi juga bisa jadi opsi.

Cara ini biasanya digunakan oleh para blogger yang ingin mencari penghasilan dari blog. Kendati demikian, kamu juga bisa memanfaatkan cara ini untuk mencari tahu peluang dan prospek blog yang kamu kembangkan di masa depan.

Baca juga: Cara Monetize Blog Selain Pasang Google AdSense

Mengingat biaya sewa hosting dan beli domain yang semakin mahal. Pastinya kamu juga ingin mendapatkan uang dari blog, bukan?

Topik Blog yang Paling Banyak Dikunjungi di Internet

Bagaimana Cara Memilih Topik Blog?
Bagaimana Cara Memilih Topik Blog?

1.Topik Blog Tutorial dan Informasi

Tidak dipungkiri lagi, blog yang banyak membahas artikel seputar tutorial dan informasi adalah salah satu topik blog yang paling banyak dikunjungi di Internet.

Pasalnya, saat ini netizen menggunakan mesin pencari seperti Google dan Bing untuk membantu menyelesaikan masalah yang mereka hadapi. Mulai dari kesulitan ketika mengatasi error di smartphone, tutorial edit foto, panduan cara mendapatkan uang dari rumah, dan lain sebagainya.

Kamu bisa membangun blog dengan topik tutorial dan informasi jika memang tertarik untuk terjun ke ranah ini. Namun, pastikan untuk memberikan solusi terbaru yang mudah dijalankan serta diikuti oleh para pembaca.

2.Blog Topik Kekinian

Di tengah gempuran platform berbasis video, blog dengan topik kekinian ternyata masih punya banyak penggemar.

Contoh blog topik kekinian misalnya seperti industri K-POP, seputar dunia startup, atau soal isu-isu kesetaraan gender.

3.Cerita Pengalaman Pribadi

Cerita keseharian dan pengalaman pribadi saat ini masih menjadi salah satu topik menarik untuk blog personal.

Bahkan, beberapa perusahaan yang sudah mengelola websitenya dengan baik punya user persona untuk menciptakan kedekatan antara brand dengan calon pelanggan.

Topik blog seputar pengalaman pribadi juga bisa membantu kamu untuk berlatih menerima dan mencintai diri sendiri, lho! Karena catatan-catatan tersebut dimuat di internet, kamu juga bisa membaca ulang berbagai pengalaman tersebut sampai puluhan tahun mendatang tanpa takut rusak atau hilang.

4.Niche Blog Craft atau Kerajinan

Kamu punya hobby membuat kerajinan tangan? Jika iya, niche blog seputar kerajinan bisa jadi sangat cocok untuk ditekuni.

Selain karena tidak banyak blogger yang bisa, berbagai artikel dan penjelasan soal karya kamu juga bisa jadi portofolio atau sarana promosi produk yang jitu untuk menyasar lebih banyak pembeli.

5.Informasi Travel dan Perjalanan

Pandemi yang terjadi sekitar dua tahun lalu kini dalam proses perubahan sebagai endemi, dimana kita sudah bisa hidup berdampingan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Seiring dengan kondisi tersebut, kamu bisa mengambil momen antusiasme masyarakat untuk traveling ke tempat wisata dengan membuat travel blog.

Ada banyak peluang dan kesempatan yang bisa kamu dapatkan dengan membuat blog informasi perjalanan. Mulai dari tawaran endorsement, jalan-jalan gratis, hingga kesempatan untuk menulis film dan buku. Sangat menarik, bukan?

6.Inspirasi Fashion Kekinuan untuk Anak Muda

Dewasa ini fashion menjadi salah satu kebutuhan penting untuk menunjang kepercayaan diri seseorang. Dengan menerapkan rekomendasi fashion yang benar, kamu bahkan bisa semakin lancar dalam hal karir, percintaan, hingga bisnis.

Maka dari itu, tidak heran jika saat ini blog yang membahas inspirasi fashion banyak diburu oleh netizen. Tidak hanya dari kalangan wanita, tapi juga pria yang ingin tampil lebih trendi serta beda dari penampilan standar pada umumnya.

7.Rekomendasi Kuliner Terdekat

Siapa sih yang tidak suka kulineran? Hampir semua orang pasti suka kulineran atau berburu makanan untuk memanjakan lidah setelah bekerja keras banting tulang.

Di Indonesia sendiri ibarat surga bagi para blogger kuliner, pasalnya ada ribuan jenis olahan makanan dari berbagai daerah yang bisa kamu eksplore lebih dalam.

Potensi ini tentu sangat sayang untuk dilewatkan, apalagi kamu bisa membuat artikel dan menyalurkan hobi kulineran di waktu bersamaan.

8.Review Gadget dan Smartphone

Nama-nama blog seperti jalantikus, begawai, atau GSMarena tentu sudah tidak asing lagi ditelinga kalian, bukan?

Tahukah kamu jika beberapa website besar di atas awalnya dimulai dari blog kecil yang punya topik blog khusus seputar gadget dan smartphone?

Sejak dari dulu, niche teknologi memang menjadi topik blog yang paling banyak dikunjungi oleh warganet. Hal ini tentu saja berkat kebiasaan masyarakat yang ingin mendapatkan informasi terbaru seputar gadget atau smartphone.

9.Panduan Kesehatan

Tidak banyak blogger Indonesia yang mengulik topik medis. Selain karena materi pembahasannya yang memang sangat spesifik dan sulit, konten yang disajikan juga harus difilter agar tidak menyesatkan pembaca.

Meski begitu, peluang blog kesehatan di Indonesia masih sangat besar. Terlebih mengingat kebiasaan masyarakat yang melakukan browsing ketika mengalami gejala tertentu yang mengganggu kesehatan.

Kamu juga bisa menyajikan konten edukasi seputar berbagai penyakit dengan cara menjelaskan lebih rinci berbagai istilah medis yang belum banyak dipahami.

10.Tips dan Trik Cara Berkebun

Bagi masyarakat yang tinggal di kawasan perkotaan, berkebun menjadi salah satu kegiatan menarik yang bisa membantu relaksasi pikiran.

Namun, sayangnya keterbatasan lahan yang bisa digunakan kerap menjadi kendala yang sulit untuk dipecahkan.

Jika kamu punya pengalaman berkebun dengan lahan terbatas, kamu bisa membagikan informasi tersebut melalui tips cara berkebun.

Beberapa contoh ide artikel yang bisa digunakan antara lain seperti, cara memilih tanaman yang cocok, cara merawat tanaman di rumah, dan jenis-jenis tanaman hias yang cocok.

11.Resep Masakan Rumahan

Blog resep saat ini memang sudah banyak yang dikembangkan secara serius. Bahkan sudah muncul juga website agregator resep yang merangkum aneka resep menjadi satu informasi yang komplit seperti halnya cookpad.

Meski begitu, kamu tetap punya peluang untuk menjadikan topik ini sebagai pilihan. Terutama jika kamu punya skill untuk membuat resep kuliner baru dari bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan.

Kuncinya kamu tinggal menemukan ceruk baru dimana bisa kamu eksplore lebih dalam tanpa perlu bersaing dengan website besar.

12.Berita Game dan E-Sport

Game dan e-sport saat ini tidak hanya digandrungi oleh anak-anak dan remaja. Namun juga orang dewasa yang sudah bekerja ataupun berkeluarga.

Seiring pesatnya perkembangan game, para pencinta game ini tentu membutuhkan asupan informasi baru setiap waktu agar tidak ketinggalan trend. Alhasil topik blog game dan e-sport saat ini menajdi salah satu genre populer yang banyak dicari.

13.Blog Kecantikan dan Perawatan Kulit

Selain banyak bermunculan blogger tekno, saat ini di Indonesia juga semakin ramai dengan adanya para blogger beauty. Baik dari kalangan remaja maupun ibu muda.

Topik kecantikan memang sedang booming mengingat semakin banyak produk skin care dan awareness orang-orang soal menjaga kesehatan kulit dan muka.

Baca juga: Cara Promosi Produk Secara Digital Agar Lebih Dikenal

14.Topik Seputar Finansial dan Pengelolaan Keuangan

Terakhir, ada topik blog finansial yang juga selalu ramai dikunjungi oleh ribuan orang. Topik yang satu ini memang relatif lebih sensitif karena kondisi keuangan setiap orang berbeda-beda. Kendati demikian, sebagai blogger atau content creator, kamu bisa mengambil sudut pandang yang lebih luas sehingga informasi yang dibagikan bisa digunakan oleh lebih banyak orang.

Contoh blog finansial di antaranya seperti, mengelolakeuangan.com, blog koinworks, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Itulah beberapa contoh topik blog yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Selain informasi di atas, sebenarnya masih ada beberapa topik lain yang juga tidak kalah ramai, contohnya seperti , percintaan, novel, atau.

Sebagai blogger, kamu bisa menjadikan informasi di atas sebagai referensi ketika ingin membuat blog baru.

Tags
Posted by
Andy N

Founder Backlink.co.id | Blogger & SEO Specialist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *