backlink natural adalah
Featured, Informasi, Tips

Apa itu Backlink Natural? Ini Contoh & Cara Mendapatkannya

Istilah backlink tentu sudah tidak asing lagi bagi para praktisi SEO (Search Engine Optimization). Namun, tahukah Anda jika backlink bisa dibedakan dalam banyak jenis dan kategori? Salah satunya adalah backlink natural dan backlink artifisial atau buatan.

Backlink natural adalah jenis backlink yang paling sulit didapatkan karena sifatnya yang organik atau alami, dimana website lain akan memberikan link secara sukarela tanpa harus diminta. Ada beberapa cara mendapatkan backlink natural, salah satunya dengan membuat artikel informatif, unik, serta bermanfaat bagi pembaca.

Karakteristik Backlink Natural

Beberapa contoh karakteristik backlink natural yang dirangkum dari beberapa sumber, termasuk dari informasi Google Webmaster Guideline atau sekarang disebut sebagai Google Search Essentials antara lain:

1.Tidak Ditanam dengan Sengaja

Google pernah menyebutkan bahwa backlink yang baik adalah backlink yang didapatkan secara tidak sengaja. Pernyataan tersebut memang cukup kontroversial, namun bisa dijadikan sebagai salah satu gambaran terkait apa itu backlink natural.

2.Backlink Contextual atau Letaknya Ada di Dalam Artikel

Backlink contextual adalah tipe link yang umumnya digunakan untuk melengkapi sebuah informasi. Bisa berupa referensi jurnal, artikel, atau credit karena sudah menggunakan gambar milik website tertentu.

Baca juga: Contextual Backlink: Definisi, Fungsi dan Cara Membuatnya

3.Tidak Menggunakan Tag rel=”sponsored”

Apa itu tag rel=”sponsored”? Jangan berkecil hati jika Anda belum familiar dengan istilah yang satu ini, pasalnya Google sendiri baru memperkenalkan tag ini pada tahun 2021 silam, dengan tujuan untuk membantu mengidentifikasi aktivitas jual beli backlink. Ya, Anda tidak salah baca!

Meskipun Google sudah memiliki algoritma canggih untuk kebutuhan deteksi skema link building, namun faktanya mereka masih cukup kesulitan membedakan antara backlink hasil beli dan backlink yang diperoleh secara natural.

Salah satu caranya yakni Google memberikan ultimatum untuk memaksa para blogger agar memberikan tag rel=”sponsored” ketika mereka melakukan jual-beli backlink. Gagasan atau ide ini tentu saja ditolak mentah-mentah oleh para blogger maupun publisher, karena hal ini justru akan memudahkan Google memberikan cap negatif kepada website mereka, terutama jika web tersebut terlalu banyak memberikan tag rel=”sponsored”.

4.Tidak Ada Label Advertorial

Label advertorial juga bisa dijadikan identifikasi untuk membedakan antara backlink organik vs backlink buatan. Praktek ini biasa dilakukan oleh website media seperti detik, tribunnews, kompas, liputan6, dan masih banyak lagi lainnya.

Baca juga: Apa Itu Advertiser? Ini Tugas dan Job Desknya

Keunggulan Backlink Natural

backlink natural adalah
backlink natural adalah

Pada dasarnya, semua hal yang bersifat natural atau alami memiliki karakteristik sifat yang baik. Misalnya, pengobatan alami yang minim efek samping, pertumbuhan keuangan perusahaan yang natural sehingga bisa bertahan puluhan tahun, begitu juga dengan backlink natural yang dianggap Google menjadi jenis backlink paling baik untuk optimasi ranking website, meskipun sangat sulit didapatkan.

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan backlink natural dari sisi SEO yang perlu Anda ketahui:

1.Backlink Natural Tidak Butuh Biaya

Sudah bukan rahasia lagi dikalangan blogger maupun praktisi SEO bahwa untuk mendapatkan backlink berkualitas secara instan memerlukan budget yang cukup besar. Kesempatan Anda untuk mendapatkan backlink dofollow secara natural dari media nasional seperti tribunnews bahkan hampir mustahil bagi blog biasa-biasa saja yang dikelola secara personal. Maka dari itu, solusinya Anda bisa beli backlink media nasional.

Nah, backlink natural sendiri bisa didapatkan tanpa harus mengeluarkan biaya. Pasalnya, website lain akan dengan suka rela memberikan link credit ketika mengutip artikel, teks, atau informasi yang dibagikan oleh website Anda.

2.Aman dari Badai Algoritma Google Update

Keunggulan backlink natural selanjutnya adalah sifatnya yang lebih tahan terhadap update algoritma Google. Beberapa contoh update algoritma Google yang sebelumnya menargetkan link spam diantaranya adalah Google Panda dan Google Spambrain.

Cara Mendapatkan Backlink Natural

cara mendapatkan backlink natural - backlink.co.id
cara mendapatkan backlink natural – backlink.co.id

Seperti yang sudah disebutkan pada paragraf sebelumnya, Ada beberapa cara mendapatkan backlink secara natural untuk website. Inilah tips dari Backlink.co.id yang bisa Anda coba lakukan:

Baca juga: Cara Memasang Backlink di WordPress

1.Membuat konten unik dan bermanfaat

Konten unik dan bermanfaat adalah salah satu kunci utama untuk mendapatkan traffic secara organik. Adapun jenis konten yang perlu dibuat sendiri tidak harus berupa artikel long form 2,000 kata dengan pembahasan mendalam, tapi bisa juga dalam bentuk artikel singkat namun unik dan informatif, gambar atau foto original, infografis, atau ide-ide lainnya.

2.Jadilah Expert di Dalam Satu Bidang Tertentu

Jadilah ahli atau expert dibidang yang paling Anda kuasai. Caranya dengan rutin memproduksi artikel, informasi, serta tips bermanfaat di dalam satu lingkup topik yang sama.

Contohnya, sebagai salah satu penyedia jasa backlink, blog Backlink.co.id saat ini hanya memproduksi artikel yang berkaitan dengan ranah Search Engine Optimization (SEO) dan digital marketing. Kami bahkan belum membahas soal optimasi Social Media Marketing (SEM) yang sebenarnya masih berhubungan dengan SEO dan digital marketing pada umumnya.

Hal ini tidak lain yakni untuk meningkatkan topical authority serta rasa kepercayaan dari pengunjung. Jika Anda sudah dipercaya memiliki keahlian dibidang tertentu, maka website lain akan dengan senang hati memberikan backlink dan rekomendasi kepada website Anda tanpa harus diminta.

3.Menulis untuk Website Lain

Cara ini sudah lama digunakan oleh para praktisi SEO dan blogger yang ingin melakukan optimasi website. Cara kerjanya yakni dengan menawarkan sebuah konten artikel ke website lain dengan imbalan sebuah link dofollow ke website Anda.

Secara teori metode guest post atau posting tamu ini memang tidak membutuhkan modal, tapi Anda tidak bisa menanamkan backlink di semua website incaran, karena biasanya hanya website tertentu saja yang mau menerima guest posting.

Kesimpulan

Secara umum, backlink natural adalah jenis link atau tautan yang diperoleh secara alami, sebagai dampak dari kualitas konten yang Anda sajikan. Backlink natural bisa menjadi indikator bahwa artikel atau konten Anda sangat bermanfaat dan membantu banyak orang.

Mau Tanam Backlink Natural Secara Instan? Gunakan Teknik Link Building Semi-Natural!

Meskipun backlink natural sangat sulit didapatkan, namun Anda tetap bisa melakukan teknik link building semi-natural yang masih sangat aman dan efektif untuk optimasi website.

Backlink semi-natural ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan metode insert link content placement kedalam artikel lama blogger atau media nasional.

Baca : Perbedaan Insert Link dan Content Placement

Anda bisa memanfaatkan Backlink.co.id sebagai satu-satunya platform marketplace backlink yang memiliki fitur insert link untuk membantu proses eksekusi campaign backlink semi-natural, dimana backlink Anda akan ditanam pada artikel berkualitas yang sudah terindeks Google dan mendapatkan ranking di SERP, tanpa label Advertorial, tanpa rel=”sponsored”, serta tanpa footprint.

Backlink ke website Anda juga bisa dibuat se-natural mungkin dengan menggunakan variasi anchor text serta URL tujuan. Agar lebih optimal, pilihlah website yang memiliki artikel dengan keyword yang masih satu niche.

Misalnya, jika Anda ingin melakukan optimasi website jasa rental mobil, maka pilihlah website yang punya artikel kategori wisata atau travel.

Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Daftar ke marketplace Backlink.co.id sekarang juga dan dapatkan backlink contextual di dalam artikel mulai dari Rp30 ribuan!

 

Posted by
Andy N

Founder Backlink.co.id | Blogger & SEO Specialist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *