apa itu contextual backlink
Informasi

Apa Itu Contextual Backlink? Ini Definisi dan Cara Membuatnya

Apakah Anda ingin meningkatkan performa website di mesin pencarian? Jika iya, salah satu hal yang harus dipelajari dan dikuasai adalah Contextual Backlink. Apa itu Contextual Backlink? Sederhananya, Contextual Backlink adalah backlink yang diletakkan di artikel pada sebuah postingan.

Penempatan Contextual Backlink di artikel bisa di mana saja, baik di awal, tengah dan akhir. Contextual Backlink sangat penting, bahkan beberapa orang beranggapan bahwa Contextual Backlink memiliki power yang sama dengan 100 backlink jenis komentar atau profil.

Apa itu Contextual Backlink?

apa itu contextual backlink
apa itu contextual backlink

Jadi, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan Contextual Backlink? Contextual Backlink atau Backlink Text adalah backlink aktif, yang menempel pada sebuah postingan atau artikel blog atau situs lain. Penempatan Contextual Backlink ini bisa di awal, tengah hingga akhir.

Contextual Backlink banyak diburu karena footprint-nya yang melekat langsung di artikel. Jadi memiliki kemampuan yang luar biasa untuk meningkatkan pengunjung website atau blog.

Baca juga: Apa Itu Backlink? Inilah Pengertian dan Manfaat Backlink

Sifatnya juga seperti situs yang dijadikan referensi, tidak seperti link yang ditaruh di komentar spam.

Contextual Backlink juga bisa diartikan sebagai anchor text (berupa link aktif dan title), yang ditanam dalam satu artikel, yang mengarah pada situs tersebut atau situs lain. Letak keistimewaan dari Contextual Backlink adalah di situs yang seakan direkomendasikan oleh situs lain.

Kenapa Contextual Backlink Sangat Penting?

analytics
analytics

Ada beberapa alasan kenapa Contextual Backlink sangat penting. Salah satu yang paling utama adalah karena Google memberikan nilai Contextual Backlink lebih besar dibandingkan dengan jenis backlink lainnya.

Bisa dibilang, ini adalah ketentuan yang diatur oleh Google. Jadi, Google menganggap bahwa jika ada link kontekstual di dalam konten, maka memiliki keterkaitan yang lebih besar serta memiliki nilai tambah pada artikel yang diunggah.

Nah, di bawah ini adalah beberapa manfaat dari Contextual Backlink, yang menegaskan betapa pentingnya link tersebut :

  • Menghasilkan traffic yang lebih banyak, karena orang lebih suka klik konten-konten yang bermanfaat.
  • Meningkatkan visibilitas, maksudnya akan lebih banyak orang yang melihat merek, nama dan website.
  • Menambah jumlah link, yaitu ketika orang melihat website Anda tertaut dalam sebuah link, akan cenderng menautkan ke tautan Anda juga.
  • Meningkat otoritas, yaitu Google akan memberikan otoritas halaman atau domain di situs web yang memiliki backlink berkualitas, yang biasanya memiliki bentuk kontekstual.
  • Meningkatkan kredibilitas status, di mana pengunjung akan lebih percaya dengan situs atau website Anda karena memiliki banyak Contextual Backlink.

Cara Mendapatkan Contextual Backlink

cara mendapatkan contextual backlink
cara mendapatkan contextual backlink

Setelah tahu apa itu Contextual Backlink, di bawah ini bisa dipelajari cara mendapatkan Contextual Backlink :

1. Guest Post

Cara tercepat untuk mendapatkan Contextual Backlink adalah dengan menjadi guest post atau penulis tamu di website lain. Jika tidak bisa membuat konten sendiri, bisa menyewa saja pembuat konten yang berkualitas.

Yang jelas, Anda harus memilih website lain yang memiliki niche yang masih relevan dengan website Anda. Perhatikan juga kualitas dari website tersebut, jangan sampai PA DA atau metrik lainnya jauh lebih rendah dari website Anda.

2. Tautkan Otoritas yang Fokus Pada Niche

Cara mendapatkan Contextual Backlink berikutnya adalah dengan fokus mendapatkan link dari tautan otoritas tinggi, dengan niche yang relevan dengan website Anda. Misalnya, website Anda memiliki niche kesehatan, maka fokus untuk mendapatkan backlink kontestual dari Halodoc dst.

Memang, cara ini termasuk sulit, namun jika Anda berhasil mendapatkannya, maka akan mendapatkan manfaat yang banyak. Fokus membuat konten yang berkualitas, yang bersumber dari referensi terpercaya dan bisa dipertanggungjawabkan.

3. Tautan Editorial

Tautan ini bisa Anda dapatkan dari situs yang memiliki otoritas tinggi, namun tidak fokus pada niche tertentu. Salah satu contohnya adalah media besar seperti CNN sebagai sumbernya. Hampir sama dengan cara nomor dua, namun lebih fokus ke editorial saja.

4. Broken Link

Maksudnya adalah, ketika link yang berasal dari otoritas tinggi mengalami kerusakan, Anda bisa menggantinya dengan link milik sendiri. Namun jangan memasukkan sembarang link, harus link yang berkualitas dan memiliki niche yang sama. Anda bisa cek kualitas backlink dengan mengikuti tutorial pada artikel Cara Cek Backlink Website dan Tools yang Digunakan

5. Gunakan Marketplace Backlink

Jika Anda memiliki dana banyak dan ingin cari instan untuk mendapatkan Contextual Backlink, maka bisa menggunakan marketplace jasa backlink. Namun jangan mencari jasa backlink yang asal murah, carilah jasa backlink yang berkualitas dengan portofolio yang baik.

Salah satu contoh marketplace backlink terbaik di Indonesia adalah Backlink.co.id. Kami selalu berusaha melakukan moderasi setiap website yang didaftarkan, agar memiliki kualitas baik di mata advertiser atau pembeli backlink.

Kelebihan Contextual Backlink dari Tipe Backlink Lain

Berikut ini kelebihan Contextual Backlink dibandingkan jenis backlink lainnya :
Memberikan keunikan pada webpage.

  • Membantu mesin pencari untuk mengembangkan faktor keterkaitan antara dua pages (yang me-link dan di-link).
  • Menambah kredibilitas konten di mesin pencari.
  • Membuat pengunjung tinggal di website lebih lama, alias bisa menghasilkan bounce raters yang lebih rendah.
  • Memperkaya pengalaman pembaca dan sangat diapresiasi oleh Google.
  • Meningkatkan ranking webiste yang lebih tinggi di SERPs.

Baca juga: Jenis-jenis Backlink dan Tutorial Cara Mendapatkannya

Di atas adalah penjelasan tentang apa itu Contextual Backlink, alasan menerapkannya, manfaat yang diberikannya serta bagaimana cara mendapatkannya. Sebagai pengelola website, wajib memahami Contextual Backlink dan cara mendapatkannya, agar website lebih ramah mesin pencari (SEO Friendly).

Sebgera bergabung di Backlink.co.id jika Anda berencara untuk mengoptimalkan performa SEO website bisnis dengan contextual backlink berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.