cara cek da pa blog
Tutorial

Cara Cek DA PA Blog Paling Cepat dan Akurat

Cek DA PA blog merupakan salah satu cara untuk mengetahui perkembangan website setelah dioptimasi.

Selain itu, aktivitas cek domain authority biasanya juga dilakukan oleh para praktisi SEO ketika sedang berburu expired atau aged domain, serta ingin melakukan validasi sebelum memasang content placement di sebuah blog.

Saat ini ada banyak cara untuk cek DA PA website secara akurat. Pasalnya, MOZ sebagai pihak pengembang metrik Domain Authority dan Page Authority telah menyediakan akses API kepada siapa saja yang ingin memanfaatkan data tersebut.

Terlepas dari itu, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan blogger dengan mengetahui skor DA PA. Salah satunya yakni ketika bingung menentukan rate card artikel berbayar.

Kamu bisa menggunakan patokan skor DA sebagai acuan penentuan harga sponsored post, sehingga balasan penawaran ke advertiser tidak terlalu murah dan juga tidak terlalu mahal.

Cara Cek DA PA Blog untuk Melihat Kualitas Backlink Sebuah Website

cara cek da pa blog
cara cek da pa blog

Berikut merupakan beberapa tutorial cara cek DA PA blog yang bisa kamu gunakan.

Di sini Backlink.co.id sudah merangkum beberapa pilihan, sehingga jika satu website tidak jalan, bisa menggunakan tools lainnya.

Baca juga: Cara Cek Metrik SEO (DA, DR, TF) Paling Mudah

Melakukan pengecekan dari dua atau lebih tools cek DA berbeda juga bisa meminimalisir kesalahan data akibat kurang update atau hal-hal teknis lainnya. Selamat mencoba!

1.Cek DA PA Blog dengan MozBar [Extension] – Gratis

mozbar
mozbar

Tools pertama yang bisa kamu gunakan untuk cek domain authority sebuah website yakni MozBar.

MOZ sebagai perusahaan yang melahirkan metrik DA PA, membuat MozBar sebagai ekstensi yang bisa di-instal via browser Google Chrome.

Cara ini paling kami rekomendasikan karena dua alasan. Pertama, kamu bisa cek da pa domain sebanyak apapun, tanpa ada limitasi dengan hanya membuat akun Moz versi gratis.

Kelebihan kedua, proses cek domain authority dan page authority jadi lebih mudah dan praktis karena ketika membuka website yang ingin diperiksa, informasi DA PA sudah muncul otomatis di bagian toolbar, tanpa perlu input URL secara manual. Sangat menarik, bukan?

Kamu bisa menemukan ekstensi MozBar di Add Ons Google Chrome untuk kebutuhan riset kompetitor ataupun link building secara manual.

2.Cara Cek DA PA Web Lewat Moz.com – Gratis 10 Pencarian

moz link explorer
moz link explorer

Selain lewat MozBar yang serba otomatis, kamu juga bisa menggunakan tools MOZ standar. Caranya cukup kunjungi website moz.com kemudian pilih menu Link Explorer.

Kekurangan dari cara ini yakni kamu harus membuat akun Moz terlebih dahulu. Selain itu, setiap bulan Moz juga membatasi pengecekan DA PA dengan hanya 10 domain saja.

Jika kamu tetap ingin memakai cara ini, solusinya bisa berlangganan akun premium Moz atau bisa juga dengan membuat banyak akun dengan email gratisan.

Berikut langkah-langkah cara cek da pa blog via Moz.com

  • Buka Moz.com
  • Daftar atau login akun
  • Pilih menu Link Explorer
  • Masukkan URL website yang ingin di cek DA PA nya.
  • Selesai.

3.Cek Domain Authority via WebsiteSeoChecker – Gratis

WebsiteSeoChecker
WebsiteSeoChecker

Sebagaimana sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya, Moz sebagai perusahaan yang menciptakan algoritma DA PA sebagai alternatif Google PageRank juga menjual akses berlangganan API mereka.

Itu artinya, siapapun bisa membuat website atau tools cek DA PA. Salah satunya seperti WSC (WebsiteSeoChecker).

Melalui tools berbasis website ini, kamu bisa mengecek skor domain authority maupun page authority dari Moz berdasarkan update terbaru. Cara pengecekannya sangat mudah dan sederhana.

Kamu hanya perlu membuka website Website SEO Checker, kemudian memilih Domain Authority Checker. Setelah itu masukkan URL blog yang ingin dilihat.

Toos DA PA Checker dari WSC (WebsiteSeoChecker) ini bersifat gratis, tapi kamu harus melengkapi captcha terlebih dahulu sebelum pengecekan.

Fiturnya juga bagus karena kamu bisa cek authority website masal dalam satu waktu.

4.Cara Cek PA DA dari SEO Review Tools

SEO Review Tools
SEO Review Tools

SEO Review Tools merupakan salah satu tools da pa checker yang juga banyak digunakan saat ini.

Selain gratis dan bisa cek authority secara bulk, tampilan website mereka juga lumayan sederhana sehingga mudah digunakan oleh para blogger pemula.

Berikut cara cek da website dengan SEO Review Tools:

  • Buka website https://www.seoreviewtools.com/website-authority-checker/
  • Masukkan URL blog yang ingin dicek metrik DA / PA nya.
  • Lakukan verifikasi captcha
  • Selesai.

5.Tutorial Cek DA Website Lewat Prepostseo

Prepostseo tools cek da pa blog
Prepostseo tools cek da pa blog

Siapa sih yang tidak kenal dengan Prepostseo? Hampir semua blogger pasti pernah menggunakan tools yang satu ini. Terutama untuk kebutuhan cek da pa blog.

Kamu bisa menggunakan Prepostseo untuk kebutuhan riset atau validasi saat berburu expired domain, sehingga bisa lebih mudah mendapatkan domain dengan skor DA besar.

Tools ini bisa kamu gunakan juga untuk proses pengecekan secara bulk. Kamu cukup menuliskan URL per baris, lalu melakukan validasi captcha agar tidak dianggap sebagai BOT.

6.Panduan Cek DA PA Domain via Small SEO Tools

smallseotools
smallseotools

Terakhir, proses pengecekan domain authority dan page authority dari sebuah website juga bisa dilakukan via Small SEO Tools.

Tidak hanya populer untuk cek plagiarisme artikel, Small SEO Tools ternyata juga cukup efektif dan bisa digunakan untuk cek da pa website.

Bagaimana cara cek da via Small SEO Tools?

Pertama kamu bisa buka ke halaman khusus Domain Authority Checker di Small SEO Tools: https://smallseotools.com/domain-authority-checker/

Kemudian, masukkan nama domain blog yang ingin dicek da pa nya. Bisa satu per satu, atau secara bulk maksimal hingga 10 URL dalam satu kali pengecekan.

Lakukan validasi kode captcha sebagai tanda bahwa kamu bukan robot. Lalu klik tombol Check Authority.

Berikut merupakan contoh tampilan hasil cek domain authority via Small SEO Tool.

Penutup

Bagaimana? Apakah panduan cara cek DA PA blog di atas sudah cukup jelas?

Ingat Domain Authority dan Page Authority sejatinya hanyalah salah satu metrik SEO yang muncul sebagai alternatif setelah data Pagerank dari Google tidak lagi dibuka ke publik.

Rand Fishkin sebagai salah satu founder Moz dan juga peracik DA PA, melalui akun twitternya juga pernah bilang kalau DA / PA bukanlah ranking faktor agar website bisa muncul di halaman pertama Google.

Namun, skor DA / PA tetaplah memberi manfaat seperti halnya metrik dari tools lainnya.

Contohnya untuk membantu memfilter dan memberi gambaran seberapa banyak jumlah backlink dalam sebuah website.

Nah, jika kamu ingin menaikkan skor DA / PA website bisnis maupun personal. Salah satu caranya yakni dengan memperbanyak jumlah backlink contextual.

Backlink jenis ini bisa kamu dapatkan di marketplace Backlink.co.id dengan harga mulai dari Rp 30 ribuan saja per artikel. Tertarik untuk mencoba? Daftar sekarang!

Posted by
Andy Nugroho

Blogger & SEO Content Writer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *