cara memasang backlink di WordPress
Tutorial

Cara Memasang Backlink di WordPress

Bagi blogger maupun web developer, istilah backlink tentu sudah tidak asing lagi. Pasalnya, backlink kerap menjadi salah satu cara untuk membuat website bisa muncul di halaman pertama mesin pencari seperti Google.

Pertanyaannya, bagaimana cara memasang backlink di WordPress? Seperti kita ketahui WordPress sendiri merupakan salah satu CMS populer yang saat ini banyak digunakan.

Cara memasang backlink di WordPress sebenarnya sangat gampang dan sederhana. Pada dasarnya, langkah-langkah yang perlu kamu lakukan sama seperti memasang backlink atau tautan di CMS (Content Management System) lainnya.

Baca juga: Cara Membuat Landing Page dengan Page Builder

Agar kamu lebih jelas dan paham terkait cara backlink di WordPress, pada artikel kali ini sudah kami siapkan tutorial cara lengkapnya. Jadi, simak terus sampai bagian akhir ya!

Cara Memasang Backlink Internal di WordPress

cara memasang backlink di WordPress
cara memasang backlink di WordPress

Apa Itu Internal Link atau backlink internal? Sederhananya, internal link adalah sebuah tautan atau link yang diarahkan ke halaman lain, namun masih dalam satu domain atau satu website yang sama.

Berikut merupakan salah satu contoh internal link yang bisa kamu terapkan:

Di dalam website Backlink.co.id terdapat halaman Jual Backlink, untuk mempromosikan halaman tersebut agar banyak dibaca dan lebih mudah ditemukan oleh pengunjung, kami memasang internal link atau backlink internal ke artikel Backlink.co.id berjudul Cara Mendapatkan Uang dari Blog Selain dari Google AdSense.

Penerapan internal link tersebut merupakan salah satu contoh yang relevan, dimana ketika pengunjung membaca artikel Backlink.co.id berjudul Cara Mendapatkan Uang dari Blog Selain dari Google AdSense, maka mereka akan menemukan link ke halaman Jual Backlink.

Internal link sangat bagus untuk SEO (Search Engine Optimization) dan user, karena selain memudahkan web crawler untuk memahami konteks isi artikel, tautan internal juga bisa dimanfaatkan oleh pengunjung untuk melakukan navigasi atau berpindah dari satu konten ke halaman yang mereka inginkan.

Cara Memasang Backlink Internal di WordPress

 

  1. Masuk ke Dashboard WordPress
  2. Pilih menu Post
  3. Pada Text Editor kamu bisa memilih icon link, kemudian masukkan URL link secara manual atau bisa juga dengan mengetikkan judul artikel sehingga bisa ditampilkan oleh WordPress secara otomatis.

Cara Memasang Backlink di WordPress

cara backlink di WordPress
cara backlink di WordPress

Selain internal link, ada jenis backlink lain yang perlu kamu ketahui, yakni Eksternal link atau biasa juga disebut sebagai backlink.

Cara kerja eksternal link berbeda dari internal link, dimana keduanya punya konsep berlawanan. Jika backlink internal hanya menautkan URL dari halaman yang masih satu domain. Maka external link dipasang dengan cara menautkan URL dari halaman website lain.

Berikut ini merupakan beberapa fungsi eksternal link yang perlu kamu ketahui:

  • Untuk Memudahkan Navigasi Pengunjung
  • Memberikan Kredit ke Website Lain
  • Menambah Authority Konten Agar Lebih Terpercaya
  • Memberikan Penghargaan atau Apresiasi Kepada Website Lain

Menilik dari berbagai manfaat dari eksternal link di atas, sebagai blogger kamu bisa memanfaatkan hal ini sebagai peluang untuk monetisasi atau mendapatkan uang secara online dari blog.

Caranya, kamu bisa mendaftar ke platform Backlink.co.id, marketplace jasa backlink terbaik di Indonesia, kemudian submit blog agar bisa ditemukan oleh advertiser.

Baca juga: Apa Itu Advertiser? Ini Tugas dan Job Desknya

Namun, pastikan bahwa blog yang kamu daftarkan sudah sesuai dengan kriteria dan syarat yang berlaku, Di antaranya, sudah menggunakan domain TLD, punya metrik seo seperti Domain Authority dan Domain Rating, website terindeks di Google, dan punya konten original (tidak copy paste / AGC).

Cara Memasang Backlink di WordPress untuk Optimasi Website

metode untuk mendapatkan backlink di WordPress
metode untuk mendapatkan backlink di WordPress

Ada banyak cara untuk melakukan optimasi website guna mendapatkan ranking terbaik di halaman pencarian Google dan Bing. Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menambah jumlah backlink di website WordPress.

1.Memasang Backlink di Situs Social Bookmarking

Saat ini situs social bookmarking memang sudah tidak sepopuler seperti 10 tahun lalu. Akan tetapi, cara ini masih bisa kamu coba ke beberapa situs social bookmarking yang masih aktif sampai sekarang. Kamu bisa memasang backlink website WordPress di bagian halaman profile atau deskripsi sehingga terlihat lebih natural.

2.Membuat Website Pendukung

Cara backlink di WordPress berikutnya yakni dengan membuat banyak website pendukung untuk mengoptimalkan performa website utama. Web pendukung ini bisa kamu buat di WordPress, Blogspot, Wix, Weebly, atau platform lain yang dirasa cocok.

3.Memasang Backlink saat Blogwalking

Istilah blogwalking belakangan memang sudah jarang terdengar, selain sudah tidak banyak yang mempraktekkan, hal tersebut juga akibat dari efek backlink komentar yang sudah tidak relevan dengan algoritma Google sekarang.

Kendati demikian, kamu masih bisa memanfaatkan cara ini untuk sekadar menjalin pertemanan, atau memasang backlink di WordPress baru agar bisa lebih mudah ditemukan oleh orang lain.

Itulah beberapa cara memasang backlink di WordPress yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. Suka tidak suka, backlink saat ini masih menjadi salah satu ranking faktor yang bisa membuat website bisnis atau blog personal mendapatkan ranking teratas di mesin pencarian.

Jika kamu butuh jasa backlink berkualitas, Backlink.co.id siap memberikan pilihan daftar blogger yang bisa diajak kerjasama untuk melakukan promosi lewat artikel content placement.

Posted by
Andy N

Founder Backlink.co.id | Blogger & SEO Specialist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *