Cara Menggunakan Backlink untuk Optimasi Website
Informasi, Tips, Tutorial

Cara Menggunakan Backlink untuk Optimasi Website Bisnis

Salah satu elemen kunci dalam strategi SEO (Search Engine Optimization) adalah penggunaan backlink. Ya, Anda tidak salah dengar! Meskipun diluar sana banyak teori yang menyebutkan bahwa backlink sudah tidak relevan lagi, namun sejatinya search engine seperti Google dan Bing masih membutuhkan backlink sebagai jalur web spider untuk menemukan konten berkualitas serta salah satu sistem algoritma perangkingan.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas secara mendalam mengenai cara menggunakan backlink untuk optimasi website bisnis. Agar Anda tidak lupa, Backlink.co.id akan memberikan penjelasan sekilas terkait pengertian backlink, dan fungsi backlink sebelum masuk ke pembahasan terkait tutorial cara menggunakan backlink dengan baik dan benar untuk meningkatkan peringkat SEO website bisnis Anda. Berikut penjelasan selengkapnya.

Apa itu Backlink?

Sebelum kita membahas lebih lanjut, mari kita mulai dengan pengertian dasar mengenai pengertian apa itu backlink. Backlink adalah tautan atau link yang menghubungkan satu halaman website dengan halaman website lainnya.

Sederhananya, backlink dapat dianggap mesin pencari sebagai “vote” atau rekomendasi dari satu website kepada website lainnya.

Sebagai contoh, ketika website A memberikan link dofollow ke website B, maka hal ini mengindikasikan bahwa website A memberikan suara atau memberikan kepercayaan kepada website B bahwa website B memang benar-benar bermanfaat dan berkualitas untuk pengguna.

Baca juga: Apa Itu Backlink? Ini Pengertian dan Manfaatnya

Dengan kata lain, backlink adalah pondasi paling dasar bagi mesin pencari untuk mengukur sejauh mana suatu website dianggap berharga oleh website lainnya, sehingga layak diberikan peringkat di halaman pertama.

Fungsi Backlink Selain untuk SEO

Cara Menggunakan Backlink untuk Optimasi Website

Tahukah Anda, selain memberikan efek SEO, backlink ternyata juga memiliki fungsi lain dalam optimasi website bisnis, lho!

Backlink contextual yang didapatkan dari website dengan authority tinggi seperti detik, kompas, atau tribunnews akan membantu bisnis atau brand Anda lebih terkenal, mendatangkan traffic referral, serta meningkatkan brand awareness secara digital.

Berikut merupakan fungsi backlink dan manfaatnya, baik dari segi SEO maupun bisnis secara umum.

  • Meningkatkan Authority Website Bisnis

Backlink dari website berkualitas tinggi dapat meningkatkan otoritas dan reputasi website Anda di mata mesin pencari. Semakin banyak dan berkualitas mention yang Anda dapatkan dari website ternama, semakin kuat pula brand awareness serta share of voice brand Anda.

  • Meningkatkan Peringkat Website di Mesin Pencari

Fungsi backlink yang paling umum diketahui yakni dapat membantu meningkatkan peringkat website Anda di hasil pencarian organik. Hal ini memang benar adanya, namun perlu juga dibarengi dengan optimasi lain, seperti technical SEO serta on-page SEO melalui konten.

Mesin pencari seperti Google menganggap website dengan banyak backlink berkualitas tinggi sebagai aset berharga yang bisa membantu pengguna.

  • Sumber Traffic Referral

Backlink juga dapat membantu mengarahkan lalu lintas (traffic referral) ke website bisnis Anda. Hal ini bisa terjadi ketika pengguna membaca sebuah artikel, kemudian mengklik tautan yang mengarah ke situs Anda. Strategi tersebut dapat membawa pengunjung baru yang bisa dikonversi menjadi pelanggan atau konsumen melalui retargeting ads.

Cara Menggunakan Backlink untuk Optimasi Website Bisnis

tutorial backlink

Sekarang, mari kita bahas bagaimana cara menggunakan backlink dengan baik dan benar untuk optimasi SEO website bisnis. Ada beberapa langkah yang perlu Anda ikuti, di antaranya:

1.Menentukan Tujuan

Pertama, Anda perlu mengidentifikasi tujuan penggunaan backlink. Apakah Anda ingin meningkatkan authority website, meningkatkan peringkat SEO, atau mencari traffic referral? Setelah Anda memiliki tujuan yang jelas, Anda dapat merancang strategi backlink yang sesuai.

2.Pilih Sumber Backlink yang Berkualitas

Penting untuk mendapatkan backlink dari sumber yang berkualitas. Cari website yang relevan dengan bisnis Anda serta memiliki authority tinggi di mata mesin pencari. Backlink dari situs-situs seperti ini memiliki dampak positif yang lebih besar.

Meski begitu, jangan sepelekan backlink contextual dari para blogger. Pasalnya, selain bisa memberikan diversifikasi backlink profile, blogger yang tergolong sebagai micro influencer terkadang justru bisa mendatangkan pelanggan dari pembaca loyal atau kerabat dekat mereka.

Di marketplace Backlink.co.id, kami memiliki ribuan blogger micro niche dari berbagai kategori bisnis. Anda bisa memanfaatkan data ini untuk mempermudah dan mempercepat proses pembelian backlink contextual dari blogger Indonesia.

2.Gunakan Anchor Text yang Relevan

Saat menambahkan backlink, pastikan untuk menggunakan anchor text (teks tautan) yang relevan dengan konten Anda. Selain bisa membantu mesin pencari memahami konteks tautan dan meningkatkan relevansi halaman, hal ini juga bisa memperbesar peluang pembaca untuk meng-klik tautan tersebut secara suka rela.

3.Jangan Over-Optimization

Hindari penggunaan backlink secara berlebihan dalam konten Anda. Google dan mesin pencari lainnya tidak suka over-optimisasi. Lebih baik secara bertahap memiliki beberapa backlink berkualitas daripada banyak backlink yang kurang berkualitas dalam satu waktu sekaligus.

Lakukan penjadwalan atau budgeting untuk beli backlink, misalnya untuk bulan pertama Rp 1,000,000 kemudian penambahan backlink di bulan ke-5 dengan budget Rp 5,000,000, bulan ke-10 memakai budget beli backlink Rp 2,000,000, dan seterusnya.

Pengaturan budget secara random akan memberikan kesan natural dan alami terkait backlink yang masuk. Sehingga tidak dianggap terlalu ambisius, mengejar target, atau over-optimization.

4.Berinvestasi dalam Bentuk Konten Berkualitas

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan backlink adalah dengan membuat konten yang berkualitas dan bermanfaat. Ketika Anda memiliki konten yang menarik, blogger lain pastinya akan suka rela memberikan credit link ke website Anda secara alami.

5.Pantau Kinerja Backlink

Terakhir, selalu pantau kinerja backlink yang sudah didapatkan. Gunakan tools analisis website gratis seperti Google Search Console atau tools berbayar seperti Ahrefs untuk melihat seberapa efektif backlink Anda dalam meningkatkan peringkat dan traffic referral.

Layanan Backlink.co.id, Marketplace Jasa Backlink Berkualitas di Indonesia

Backlink.co.id adalah marketplace jasa backlink yang menyediakan layanan untuk meningkatkan traffic website melalui optimasi off-page SEO dengan cara menambah backlink.

Jenis backlink yang dijual di sini adalah backlink contextual dari blogger dan media nasional seperti detik, suaramerdeka, tribunnews, dll, yang lebih aman dan memiliki nilai lebih tinggi di mata algoritma mesin pencari saat ini.

Dengan menggunakan layanan Backlink.co.id, Anda akan lebih mudah meningkatkan authority dan brand awareness website bisnis melalui jaringan blogger berkualitas di Indonesia. Selamat mencoba!

 

Posted by
Andy N

Founder Backlink.co.id | Blogger & SEO Specialist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *