cara mendapatkan backlink dofollow
Informasi, Tutorial

4 Cara Mendapatkan Backlink Dofollow Gratis

Backlink Dofollow bisa meningkatkan SEO website, karena jenis backlink ini memang sangat disukai oleh Google. Sebagai pengelola website, wajib tahu bagaimana cara mendapatkan backlink dofollow dimana merupakan salah satu ranking faktor SEO populer.

Menanam backlink di postingan memang bisa meningkatkan performa website di mesin pencari, asal dilakukan dengan benar. Nah, di bawah ini akan kami jelaskan beberapa cara mendapatkan backlink dofollow yang mudah.

Pengertian Backlink Dofollow

cara mendapatkan backlink dofollow
cara mendapatkan backlink dofollow

Sebelum membahas cara mendapatkan backlink dofollow, kita bahas terlebih dahulu pengertian backlink dofollow.

Backlink dofollow adalah backlink yang mengizinkan robot mesin pencari (Google) untuk menelusuri dan mengindeks link yang kita berikan terhadap website lain.

Maksudnya, Anda memasukkan link website lain di artikel atau konten yang Anda post di website. Website tersebut seharusnya memiliki otoritas yang tinggi, artinya memiliki kredibilitas dan reputasi yang baik di mata Google dan pengunjung.

Baca juga: Perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow

Karena Google bisa melacak link asli dan yang menanamkan link, maka website akan mengalirkan authority ke website terkait. Apalagi jika konten kedua website tersebut relevan atau memiliki niche yang sama, peringkat website di mesin pencari pun akan ikut naik secara signifikan.

Apakah Backlink Dofollow Disukai Google?

google
google

Benar, Backlink dofollow adalah salah satu backlink yang disukai oleh Google. Jenis backlink ini memang membiarkan Googlebot untuk merayapi link tersebut hingga ke akar-akarnya.

Jadi Google bisa melacak kredibilitas backlink tersebut, dan memberikan value yang sama bagi website yang menggunakannya.

Makanya, sangat penting untuk mendapatkan backlink dari website dengan reputasi yang baik, atau situs media nasional yang terkenal akan DA (Domain Authority) tinggi. Jika backlink berasal dari website yang kurang bagus, maka tidak akan punya dampak signifikan terhadap website Anda.

Manfaat Backlink Dofollow

manfaat link building
manfaat link building

Tentunya ada banyak khasiat atau manfaat yang akan diberikan backlink dofollow kepada website personal, bisnis ataupun perusahaan, misalnya saja :

1. Meningkatkan Authority Domain

Sebuah website yang menggunakan backlink dofollow bisa meningkatkan otoritas domainnya. Website yang awalnya biasa saja, akan lebih otoritatif setelah menerima backlink dofollow dari situs kredibel.

Misalnya, Skor Domain Authority website dari Moz yang awalnya hanya 2, bisa meningkat menjadi 10 atau bahkan lebih tinggi setelah mendapatkan backlink dofollow dari detik atau kompas.

Namun, hasilnya tentu tidak se-instan seperti yang Anda bayangkan. Untuk memperoleh backlink dofollow berkualitas, Anda harus membuat artikel yang informatif, unik dan berkualitas.

Setelah melakukan hal di atas secara rutin, otoritas website akan meningkat signifikan, bukan mustahil bisa mencapai DA 50.

Baca juga: Cara Cek Metrik SEO (DA, DR, TF) Paling Mudah

2. Mendatangkan Traffic Refferal

Tentunya, Backlink dofollow bisa juga meningkatkan traffic atau pengunjung sebuah website. Apalagi jika backlink dofollow tersebut didapatkan dari website dengan otoritas yang tinggi, seperti blog populer ataupun website portal berita.

Baca juga: Manfaat Backlink Media dan Cara Mendapatkannya

Contoh website yang memiliki otoritas tinggi adalah Wikipedia, BBC, CNN, detik, Kompas dan lain sebagainya. Namun jangan terlalu berkecil hati jika tidak bisa mendapatkan backlink dari situs di atas, karena backlink dofollow dari blogger juga banyak yang punya kualitas tinggi.

Di marketplace backlink, Backlink.co.id, kamu bisa memilih sendiri sumber jasa backlink dofollow berdasarkan skor DA, PA, DR atau Index. Harganya juga lebih terjangkau, mulai dari Rp 50 ribuan saja per artikel content placement.

Cara Mendapatkan Backlink Dofollow Secara Gratis

cara mencari link dofollow
cara mencari link dofollow

1. Buat Konten Unik dan Menarik

Mendapatkan backlink dofollow berkualitas sebenarnya mudah, Anda hanya perlu rutin membuat konten yang unik dan menarik. Jika Anda rutin membuat konten yang unik dan menarik, orang akan menjadikan website Anda sebagai referensi.

Tentunya Anda harus memiliki skill untuk membuat artikel yang baik, dan jangan lupa untuk mencari sumber/referensi yang kredibel.

2. Melalui Guest Post (Penulis Tamu)

Untuk mendapatkan backlink dofollow dari situs authority tinggi, Anda bisa memanfaatkan fitur guest post di situs tersebut. Anda bisa menulis konten secara gratis, dengan imbalan backlink dofollow yang berkualitas. Lokasi tautan guest posting sendiri biasanya diletakkan di anchor text atau biodata penulis.

3. Buat Konten Penghasil Backlink

Selain membuat konten yang unik dan menarik, Anda pun harus belajar bagaimana cara membuat konten yang berpotensi untuk menghasilkan tautan balik.

Tidak sekadar teks saja, buat juga konten dengan format yang lain, seperti kuis, infografik, video, studi kasus, tutorial dan format kreatif lainnya.

Konten yang berisi tips dan tutorial biasanya memiliki jumlah kata yang panjang. Artikel yang panjang artinya memiliki informasi yang lengkap, jadi berpotensi untuk dijadikan referensi oleh situs lain yang menulis topik serupa.

4. Buat Skyscrapper Content

Maksudnya, Anda harus membuat konten lebih baik daripada konten kompetitor yang memperoleh ranking tinggi. Anda bisa melengkapi artikel tersebut dengan menambahkan informasi terbaru yang belum ada, sehingga konten Anda akan jauh lebih baik.

Selain 4 cara di atas, cara mendapatkan backlink dofollow lainnya adalah :

  • Membuat tools gratis, seperti kalkulator, template blogger / wordpress, template email marketing dll.
  • Menggunakan metode broken link building.
  • Menggunakan strategi branded dan teknik branded.
  • Ubah brand mention menjadi backlink berkualitas.
  • Aktif membangun relasi antar blogger.
  • Tulis informasi yang banyak dicari (menggunakan keyword populer).

Anda bisa mencoba berbagai cara mendapatkan backlink dofollow secara gratis di atas untuk meningkatkan SEO website dan memperbanyak traffic.

Pasalnya, website dengan traffic organik berlimpah akan memberikan manfaat yang banyak pula, mulai dari AdSense, konversi dan aspek lainnya.

Baca juga: Cara Monetize Blog Selain Pasang Google AdSense

Solusi Praktis Memperbanyak Link Dofollow

Terlepas dari itu, jika Anda merasa cara di atas terlalu ribet dan memakan banyak waktu. Kami punya solusi lain yang bisa digunakan untuk mendapatkan link dofollow berkualitas dengan lebih mudah.

Anda bisa menyisikan dana marketing untuk beli backlink dofollow dari blogger melalui situs Backlink.co.id, marketplace jasa backlink yang menghubungkan ribuan blogger Indonesia dengan para advertiser dalam satu platform.

Dapatkan backlink dofollow berkualitas secara legal dan aman dalam bentuk artikel content placement, sponsored article, atau advertorial mulai dari harga Rp 50 ribuan saja. Sangat terjangkau, bukan?

Semoga bermanfaat.

Posted by
Andy N

Founder Backlink.co.id | Blogger & SEO Specialist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *