perbedaan backlink dofollow dan nofollow
Informasi

Perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow

Berdasarkan cara kerjanya, backlink terbagi menjadi dua, yaitu backlink Dofollow dan Nofollow. Lantas, apa sih perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow itu?

Siapa pun yang ingin website mereka mendapatkan peringkat yang bagus di mesin pencari seperti Google harus tahu perbedaan antara dua jenis backlink tersebut. Dua karakter backlink ini memang akan sama-sama digunakan di dalam website untuk mengoptimalkan peringkatnya di mesin pencarian.

Akan tetapi, keduanya punya power berbeda di mata webcrawler dan algoritma mesin pencari sebagai penentu posisi di SERP.

Apa itu Backlink Dofollow?

perbedaan backlink dofollow dan nofollow
perbedaan backlink dofollow dan nofollow

Sebelum membahas perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow, kita bahas pengertian masing-masing dari dua jenis backlink ini. Jadi, memahami Backlink Dofollow ini sebenarnya mudah, karena berasal dari dua kata Bahasa Inggris, yaitu Do dan Follow yang berarti mengikuti.

Bagaimana maksudnya?

Jadi, ketika ada link di postingan artikel menuju situs lain, maka website yang memberikan Backlink Dofollow tersebut akan mengikuti link hingga ke akar-akarnya. Jadi, Google pun akan merayapI artikel yang terdapat Backlink Dofollow sekaligus link sumbernya.

Intinya, jenis backlink ini memungkinkan web crawler untuk merayap dan melacak hingga ke tujuan akhir dari link yang disematkan. Maka dari itu, tidak heran jika jenis backlink ini sangat sering digunakan oleh blogger, begitu pula dengan website berita, karena bisa meningkatkan performa website di hasil pencarian.

Kelebihan Backlink Dofollow

kelebihan backlink dofollow
kelebihan backlink dofollow

Berikutnya kita akan membahas kelebihan-kelebihan Backlink Dofollow, yaitu :

1. Direktori dan Sumber Daya Backlink Jangka Panjang

Kelebihan Backlink Dofollow adalah bisa menjadi direktori dan sumber daya backlink dalam waktu yang lama. Ya, backlink ini memang akan terus tumbuh dan akan selalu diakses sebagai sumber informasi yang kredibel dan terpercaya.

Jadi, ketika Anda berhasil mendapatkan backlink yang berkualitas tinggi, maka situs dengan otoritas tinggi tersebut bisa mengarahkan pengunjung ke website Anda. Dengan begini, Anda akan mendapatkan benefit jangka panjang dari backlink tersebut.

2. Mendapatkan Traffic Referral

Kelebihan Backlink Dofollow berikutnya adalah memungkinkan website bisa mendapatkan referral traffic dengan cepat. Karena Backlink Dofollow adalah link default, maka bisa meningkatkan traffic menuju website yang Anda kelola.

Karena website dikunjungi banyak traffic, peringkatnya di mesin pencarian juga akan ikut terdongkrak. Google juga akan menganggap bahwa website tersebut memiliki kredibilitas, sehingga akan terus berada di peringkat teratas mesin pencarian dalam waktu lama.

Baca juga: Apa Itu Contextual Backlink? Ini Definisi dan Cara Membuatnya

3. Mempercepat Proses Indeks

Backlink Dofollow juga memiliki kelebihan karena bisa mempercepat proses index Google ketika publish artikel. Memang, Backlink Dofollow adalah backlink yang tercepat untuk bisa diindeks oleh Google, kurang lebih karena sifatnya yang “pass through”, membuat Google meningkatkan peringkat website yang direkomendasikan tersebut di mesin pencarian.

4. Membuat Website Kredibel

Backlink yang berkualitas adalah backlink yang berasal dari situs yang kredibel, yang memiliki reputasi baik di mata Google. Nah, ketika Anda menanam backlink dari situs yang kredibel tersebut, otomatis kredibilitas website Anda juga akan terangkat.

5. Membangun Otoritas Website

Ketika Anda berhasil mendapatkan Backlink Dofollow dari situs populer, maka otoritas website Anda juga akan ikut terangkat. Namun jangan lupa untuk membuat konten yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan, alias bersumber dari referensi yang terpercaya.

Apa itu Backlink Nofollow?

backlink dofollow vs nofollow
backlink dofollow vs nofollow

Lalu, apa yang dimaksud dengan Backlink Nofollow? Memang, agar tahu perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow, harus tahu pengertian dari kedua backlink ini dengan baik. Anda akan langsung paham dengan pengertian Backlink Nofollow dari penjelasan berikut.

Jadi, sesuai dengan penulisannya, yaitu No dan Follow, yang artinya tidak mengikuti. Maksudnya, ketika terdapat Backlink Nofollow di artikel, maka link tersebut tidak akan diindeks di mesin pencarian sama sekali. Apakah Backlink Nofollow diperlukan website?

Baca juga: Backlink Redirect: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Meskipun terdengar tidak ada gunanya, namun backlink ini tetap dibutuhkan, karena bagus untuk menyeimbangkan Backlink Dofollow. Jika ada terlalu banyak Backlink Dofollow di website, Google bisa menganggapnya sebagai spam dan menurunkan performa website di Google.

Manfaat Backlink Nofollow

1. Mengurangi Spam di Website

Backlink Nofollow bermanfaat untuk mengurangi spam di website, yang bisa menurunkan kualitas website tersebut. Backlink Nofollow sering dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti :

  • Link komentar.
  • Link review.
  • Link afiliasi.
  • Link menuju situs yang kurang terpercaya.

Baca juga: Bahaya Backlink Spam dan Tutorial Cara Menghapusnya

2. Membuat Backlink Menjadi Natural

Backlink Nofollow juga bisa membuat backlink menjadi natural, yang nantinya bisa menjadi nilai plus untuk website, khususnya di search engine. Memang, Google lebih suka pencarian yang natural atau manual dibandingkan dengan website yang sifatnya otomatis.

3. Meningkatkan Kekuatan Brand

Backlink ini juga bisa meningkatkan kekuatan brand di mata pengunjung. Ini terjadi ketika pengunjung melihat keterkaitan brand dengan konten-konten di situs besar yang kredibel dan memiliki reputasi yang baik di Google.

Kesimpulan

Dari ulasan perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow di atas, bisa disimpulkan bahwa Backlink Dofollow mendapatkan value yang baik di mata Google, namun tidak dengan Backlink Nofollow. Meski begitu, keduanya tetap penting karena sama-sama memberikan manfaat untuk website.

Nah, apakah Anda tertarik untuk meningkatkan performa SEO website dengan menambah backlink dofollow? Sekarang Anda bisa lebih mudah mendapatkan backlink dofollow via Backlink.co.id sebagai marketplace backlink yang bisa mempertemukan ratusan blogger terbaik di Indonesia dengan pemilik brand.

Yuk coba sekarang!

Posted by
Andy N

Founder Backlink.co.id | Blogger & SEO Specialist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *