bahaya backlink spam - cara menghapus backlink spam
Tutorial

Bahaya Backlink Spam dan Tutorial Cara Menghapusnya

Sebagai pengelola website, Anda harus tahu bahaya backlink spam. Selanjutnya, karena berbahaya, Anda pun harus tahu bagaimana cara menghapus backlink spam tersebut. Backlink spam memang harus diberantas, karena akan memberikan pengaruh buruk ke website.

Memang, mendapatkan backlink dalam jumlah yang banyak adalah salah satu teknik SEO yang sering dilakukan pengelola website. Namun, jika jumlahnya kebanyakan, bisa dianggap spam oleh mesin pencari, dalam hal ini Google, yang bisa membuat peringkat website turun.

Cara Cek Backlink yang Masuk ke Website Anda

bahaya backlink spam - cara menghapus backlink spam
bahaya backlink spam – cara menghapus backlink spam

Apakah Anda pernah mendapatkan ratusan hingga ribuan backlink dari satu website saja? Jangan senang dulu, bisa jadi website Anda sedang diserang. Backlink 1 hingga 5 masih dianggap natural, namun jika jumlahnya sudah mencapai 100 hingga 1000 kali, maka jadi spam bahkan SEO Poisoning.

Mendapatkan backlink atau inbound link sebanyak mungkin memang salah satu teknik optimasi SEO, yang bisa meningkatkan peringkat website di Google. Namun, Google memiliki kacamata sendiri soal backlink tersebut, di mana ada backlink yang berkualitas dan backlink spam.

Baca juga: Apa Itu Contextual Backlink? Ini Definisi dan Cara Membuatnya

Nah, jika Anda merasa mendapatkan backlink dalam jumlah yang wajar, Anda bisa menghapus backlink tersebut. Namun, sebelum tahu cara menghapus backlink spam, Anda harus tahu cara cek backlink yang masuk ke website.

Pelajari langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Untuk mengecek, pastikan sudah mendaftar di Google Search Consol terlebih dahulu.
  • Jika sudah, login ke Google Search Console lalu klik menu menu Links di sidebar.
  • Di menu sebelah kanan, gulir dan cari menu Top Linking Sites, dan klik More.
  • Selanjutnya cek satu per satu apakah itu link Anda atau bukan.
  • Cek juga apa apakah situs tersebut baru atau lama.
  • Terakhir putuskan apakah Anda ingin menghapus backlink tersebut atau membiarkannya.

Tentunya, jika Anda tidak mengenali backlink tersebut, disarankan untuk menghapusnya karena bisa dianggap spam oleh mesin pencari. Cara ini memang sangat melelahkan karena harus cek satu per satu, namun cara ini terbaik yang bisa dilakukan, selain gratis tentu saja.

Alasan Perlu Menghapus Backlink Spam

traffic website turun
traffic website turun

Anda harus tahu cara menghapus backlink spam, karena backlink ini berbahaya dan bisa merugikan website. Salah satu kerugian yang akan Anda dapatkan adalah menurunnya posisi website di mesin pencari seperti Google dan semacamnya.

Bahkan tidak hanya itu saja, website tersebut juga bisa terkena sanksi, masuk ke sandbox Google atau bahkan di-deindex. Bahaya backlink spam seperti ini memang harus dihindari, pengelola website pun harus waspada terhadap backlink yang tidak berkualitas tersebut.

Kesalahan memang terkadang bukan di website Anda, karena bisa saja oknum blogger jahat sengaja mengirimkan backlink spam tersebut. Namun Google tidak mau tahu dan tidak peduli, mereka hanya butuh tahu bahwa backlink spam tersebut harus segera diatasi.

Maka dari itu, pemilik website memang harus rajin memantau backlink yang masuk ke website, jangan-jangan kebanyakan backlink spam. Jangan sampai lalai, karena sanksinya tidak main-main, bisa saja website tersebut hilang karena hukuman dari Google.

Cara Disavow Backlink Spam

Salah satu cara menghapus backlink spam yang berbahaya adalah dengan Google Disavow Tool. Pelajari langkah-langkahnya di bawah ini :

Baca juga: Cara Cek Backlink Website dan Tools yang Digunakan

1. Buat Daftar Link Spam dalam Bentuk Txt

Siapkan daftar link spam yang akan Anda hapus, bisa menuliskannya di Notepad dalam format seperti di bawah ini :

#Contacted owner on (tanggal saat ini)
#Ask for link removal but got no response
Domain: (tanpa www atau http) untuk link perujuk

Jika ada URL perujuk lainnya, lampirkan di bawah domain dengan www atau http.
Jika sudah membuat format seperti di atas, silakan simpan dengan format Txt. Silakan namai file sesuka Anda, yang penting mudah diingat.

2. Masuk ke Google Disavow Link

  • Masuk ke Google Disavow Link.
  • Pilih blog atau website yang akan melakukan disavow link, lalu klik Menolak Link atau Disavow Link.
  • Silakan baca notifikasi yang muncul selanjutnya, jika sudah paham masukkan file Txt yang dibuat sebelumnya.Jika sudah, klik Menyangkal Tautan atau Disavow Link.
  • Kemudian klik Pilih File, lalu cari file Txt yang berisi link spam sebelumnya.
  • Setelah menemukan file, klik Kirim.
  • Jika sudah, terakhir klik Selesai.

Anda harus tahu bahwa cara ini tidak instan, dan dapat dinikmati langsung hasilnya. Sistem butuh waktu lebih lama untuk meninjau situs yang Anda tolak tersebut, apakah benar-benar link spam dan pantas dimasukkan daftar hitam oleh Google.

Bahaya Backlink Spam

cara menghapus backlink spam
cara menghapus backlink spam

Seperti yang telah disinggung di atas, bahaya bakclink spam ada banyak, intinya sangat merugikan website yang Anda kelola. Pastinya, melakukan spamming atau mendapatkan backlink spam akan berimbas buruk pada SEO website, seperti :

  • Peringkat website turun.
  • Terkena sandbox.
  • Mendapatkan penalty.
  • Google deindex website.

Contoh backlink spam yang harus dihindari adalah :

  • Optimasi anchor text berlebihan.
  • Link directory spam.
  • Link berbayar.
  • Spam komentar.
  • Link exchange.
  • Link farming.
  • Dummy blog.
  • Dll.

Di atas adalah penjelasan tentang bahaya backlink spam dan cara menghapus backlink spam dengan Google Disavow Tool. Informasi di atas penting untuk diketahui, jika tidak ingin website bisnis Anda turun peringkat, masuk ke sandbox, mendapatkan penalty atau di-deindex Google.

Terlepas dari itu, jika Anda butuh backlink berkualitas untuk optimasi performa website di mesin pencari, Anda bisa beli backlink contextual di marketplace backlink Backlink.co.id. Dapatkan artikel review original untuk menunjang aktivitas promosi digital dari blogger terbaik di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.