Cara mengecek backlink website kompetitor - backlink.co.id cover
Tutorial

Cara Mengecek Backlink Kompetitor dengan Tools

Dalam usaha optimasi website dari segi off-page SEO (Search Engine Optimization), ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan backlink berkualitas. Alhasil, metode cara mengecek backlink perlu dilakukan untuk mencari tahu sumber backlink kompetitor serta metode yang digunakan.

Jika kamu merupakan seorang blogger atau praktisi SEO, penting untuk mengetahui alternatif cara cek backlink kompetitor yang baik dan benar.

Oleh sebab itu, ketahui manfaat melakukan pengecekan backlink serta beragam tool yang bisa digunakan untuk mengeceknya di artikel ini.

Tutorial berikut juga bisa bermanfaat untuk proses quality control ketika Anda ingin beli backlink content placement dari blogger Indonesia via marketplace backlink seperti Backlink.co.id.

Cara Mengecek Backlink Lewat Bantuan Tools

Cara mengecek backlink website kompetitor - backlink.co.id cover
Cara mengecek backlink website kompetitor – backlink.co.id cover

Cara paling mudah yang bisa dilakukan untuk mengecek website sendiri maupun website kompetitor yaitu dengan memanfaatkan tool cek backlink. Beragam tool yang digunakan dalam mengecek backlink website biasa dikenal dengan istilah “backlink checker”.

Baca juga: Apa Itu PBN (Private Blog Network)? Ini Fungsi dan Cara Kerjanya

  • Cek Backlink Menggunakan Ahrefs

Ahrefs merupakan tool backlink terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mengecek backlink website kompetitor. Ahrefs bisa memudahkan penggunanya untuk melakukan pengecekan backlink dengan hanya memasukkan alamat website pada halaman kotak menu site explorer

Tidak perlu menunggu lama, Ahrefs akan menyajikan data detail mengenai jumlah serta sumber backlink dari website kompetitor. Selain menyajikan data backlink, Ahrefs juga akan memberikan informasi penting tentang website kompetitor seperti anchor, organik keyword dan lainnya. 

Untuk menggunakan tool Ahrefs, sebenarnya kamu bisa menggunakannya secara gratis dengan fitur terbatas. Jika ingin proses pencarian backlink website kompetitor lebih leluasa, maka bisa mencoba fitur premium dengan biaya sekitar USD 99-999 per bulan.

  • Cek Backlink via Moz Link Explorer

Cara mengecek backlink juga bisa dilakukan dengan menggunakan backlink checker Moz Link Explorer. Backlink checker tersebut memiliki kualitas fitur yang mirip dengan Ahrefs, karena hanya membutuhkan alamat website kompetitor untuk dimasukkan pada pencarian. 

Selain bisa digunakan untuk melakukan penelusuran backlink website kompetitor, Moz juga memiliki manfaat lain. Moz bisa kamu gunakan untuk mengetahui informasi pengecekan nilai PA & DA, anchor text yang digunakan untuk backlink, tautan dan informasi lainnya. 

  • Cara Mengecek Backlink dengan Semrush

Ada lagi backlink checker terbaik yang bisa memudahkan kamu dalam mengecek website kompetitor, yaitu Semrush. Cara kerja dari backlink checker yang satu ini sama dengan tool sebelumnya, kamu tinggal memasukkan alamat website kompetitor pada laman pencarian. 

Tool Semrush akan langsung memperlihatkan sejumlah data metrik dari website kompetitor seperti anchor text, backlink, organic traffic dan informasi data lainnya. Semrush terkenal memiliki take line “All-in one marketing toolkit”.

Cara mengecek backlink lewat tool Semrush bisa menggunakan versi gratis yang hanya berlaku 7 hari. Sedangkan untuk penggunaan tak terbatas versi premium, kamu bisa berlangganan dengan biaya USD 99.95 tiap bulannya. Tertarik untuk menggunakannya?

  • Google Search Console

Backlink checker yang satu ini merupakan salah satu tool terbaik yang bisa kamu gunakan secara gratis untuk mengetahui backlink yang masuk. Pada halaman “Links”, para pengguna bisa menemukan informasi penting mengenai web page yang paling banyak menerima backlink. 

Baca juga: Cara Cek Metrik SEO (DA, DR, TF) Paling Mudah

Tidak hanya itu, Google Search Console akan memberikan link pada web yang kamu gunakan secara otomatis. Ada juga link berupa anchor text yang bisa digunakan untuk menautkan website dari pengguna sendiri dan akan tersedia banyak informasi data penting, tapi sayangnya informasi ini hanya bisa digunakan oleh pemilik website dan tidak bisa untuk melihat informasi backlink website kompetitor.

  • Cara Cek Backlink. via Ubersuggest

Ubersuggest adalah tool backlink checker besutan Neil Patel yang bisa di akses secara gratis. Tool tersebut dirancang untuk mengetahui website yang memberikan backlink, baik dari website pengguna maupun dari website kompetitor. 

Apa saja informasi data yang bisa kamu dapatkan? Ubersuggest akan menyajikan informasi data meliputi page score, domain score, jumlah backlink dalam satu page, jumlah Nofollow link, anchor text, tipe link dan juga referring domain. 

Manfaat Melakukan Cek Backlink Kompetitor

cara mendapatkan backlink
cara mendapatkan backlink

Pada umumnya, ada 3 manfaat utama yang akan kamu dapatkan ketika melakukan pengecekan backlink kompetitor. Manfaat tersebut tentunya berkaitan erat strategi pengembangan website bisnis yang bisa berpengaruh pada keuntungan atau pendapatan dalam waktu tertentu.

  • Untuk Menerapkan Strategi ATM

Manfaat pertama mengecek backlink kompetitor yaitu mempermudah saat melakukan strategi ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Kamu bisa mendapatkan sejumlah data dan informasi penting lainnya mengenai strategi kompetitor dalam melakukan link building atau pembangunan link website.

Setelah itu, kamu bisa mencoba meniru kemudian memodifikasi cara-cara untuk membangun backlink yang dilakukan oleh website kompetitor. Meniru bukan berarti harus sama, mungkin saja bisa dikombinasikan dengan alternatif lain yang lebih jitu. 

  • Mengantisipasi Terjadi Penurunan Rangking Website

Dengan mengetahui cara mengecek backlink, maka bisa membantu mengetahui keyword yang tengah diincar oleh kompetitor. Jika kompetitor sedang aktif dalam melakukan optimasi keyword untuk mendapatkan rangking, maka kamu bisa mengantisipasinya lebih dulu. 

  • Bisa Merancang Strategi Outranking Website dari Kompetitor

Manfaat terakhir yang tak kalah penting saat mengecek backlink yaitu memungkinkan penggunanya dalam menyusun strategi outranking website kompetitor. Outranking yang dimaksud berkaitan dengan strategi untuk menggeser posisi atau peringkat di halaman mesin pencari.

Misalnya setelah melakukan pengecekan, kamu bisa mengetahui bahwa halaman website kompetitor mendapatkan peringkat pada kata kunci tertentu. Setelah kamu amati, ternyata pada halaman tersebut hanya memiliki sekitar 10 backlink saja. 

Baca juga: Contextual Backlink: Pengertian, Fungsi dan Cara Membuatnya

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu, dengan membuat fokus keyword yang sama pada halaman website pribadi dengan banyak backlink mengarah ke website target. Dengan begitu, halaman website kamu akan berpotensi besar untuk menggeser posisi website kompetitor di SERP Google.

Sekarang kamu sudah mengetahui cara mengecek backlink website sendiri maupun website kompetitor beserta berbagai pilihan tool yang bisa digunakan. Dengan menggunakan tools backlink checker terbaik, maka kamu bisa mendapatkan informasi penting untuk strategi pengembangan website kedepannya. 

Semoga bermanfaat.

Posted by
Andy N

Founder Backlink.co.id | Blogger & SEO Specialist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *