cara cek metrik SEO web
Tutorial

Cara Cek Metrik SEO (DA, DR, TF) Paling Mudah

Pengecekan metrik SEO sebuah blog tentu sudah tidak asing lagi bagi para blogger. Sebab, metrik SEO biasanya diperlukan ketika ingin mengetahui kualitas dari backlink blog tersebut atau ingin menentukan harga sebuah content placement.

Jadi, bagaimana cara cek metrik SEO blog yang benar? Selain itu, tools apa yang memiliki tingkat keakuratan tinggi dan populer? Nah, untuk mengetahuinya mari simak penjelasan berikut!

Cara Cek DA PA Blog MOZ

cara cek metrik SEO web
cara cek metrik SEO web

MOZ merupakan sebuah perusahaan pengembang tools metrik SEO untuk mengecek nilai keseluruhan suatu domain website. Sehingga, dapat memperkirakan peluang situs tersebut untuk muncul di halaman pencarian.

MOZ juga menyediakan fitur pengecekan DA dan PA. Selain itu, cara mengeceknya juga tidak jauh berbeda dengan situs lainnya. Namun sebelumnya, apa itu DA dan PA?

Pengertian Domain Authority (DA)

DA blog atau Domain Authority merupakan skor acuan untuk memprediksi peluang ranking website di mesin pencarian. Akan tetapi, nilai ini hanyalah prediksi dan bukan acuan resmi yang digunakan Google untuk menentukan ranking sebuah situs web.

Skor DA sendiri memiliki skala antara 1–100. Tentunya, makin besar skor DA suatu situs web, maka website tersebut memiliki peluang lebih baik untuk menempati peringkat teratas di hasil mesin pencarian karena punya jumlah dan kualitas backlink yang bagus.

Baca juga: Cara Cek Backlink Website dan Tools yang Digunakan

Pengertian Page Authority (PA)

PA atau Page Authority adalah skor untuk menghitung peringkat sebuah halaman situs web. Skor PA sendiri memiliki skala antara 1–100. Seperti halnya pada skor otoritas domain, semakin tinggi nilainya maka nilai halaman tersebut juga akan semakin tinggi pula.

Nah, dengan mengetahui skor PA ini kamu bisa menganalisis konten-konten mana yang dapat kamu tingkatkan. Dengan begitu, situs web kamu dapat bersaing dengan kompetitor lainnya.

Cara Mengecek DA dan PA dengan MOZ

Cara Mengecek DA:

  1. Bukalah link https://moz.com/domain-analysis di browser kamu.
  2. Kemudian, masukkan domain yang ingin di cek otoritasnya ke kolom yang disediakan.
  3. Jika sudah, klik tombol Analyze Domain dan tunggulah beberapa saat.
  4. Setelah itu, hasil pengecekannya akan langsung terlihat dengan menampilkan skor Domain Authority, Linking Root Domains, Spam Score , hingga Ranking Keywords.

Cara Mengecek PA

  1. Bukalah link https://moz.com/link-explorer di browser kamu.
  2. Selanjutnya, masukkan domain di kolom yang tersedia. Lalu, klik tombol Get Free Link Data. Nah, di sini kamu diharuskan untuk membuat akun terlebih dahulu.
  3. Apabila telah mengkuti instruksi yang disarankan, barulah kamu bisa mendapatkan hasil cek PA yang kamu inginkan.

Cara Cek DR UR Blog Ahrefs

ahrefs
ahrefs

Ahrefs dikenal sebagai tools yang berfungsi untuk pengecekan DR dan UR suatu blog. Dengan melakukan pengecekan metrik seo ini, kamu akan tahu seberapa bagus kualitas dari blog tersebut. Lalu, apa yang dimaksud dengan DR dan UR ini?

Pengertian DR (Domain Rating) Blog

Domain Rating (DR) blog merupakan suatu ukuran otoritas situs web yang dihitung melalui profil backlink-nya mulai dari skala 0-100. Sehingga, semakin tinggi skalanya maka akan semakin kuat dan otoritatif situsnya.

Pengertian UR (URL Rating) Blog

URL Rating (UR) blog merupakan metrik SEO dari Ahrefs yang dipakai untuk membeikan skor sebuah url situs web yang terdapat sejumlah backlink di dalamnya. UR blog ini dapat dihitung berdasarkan skala 0-100. Dengan begitu, semakin tinggi nilainya maka semakin kuat halaman url tersebut.

Cara Mengecek DR dan UR Blog melalui Ahrefs

 

  1. Pertama, kunjungi situs Ahrefs dan log in ke akun kamu.
  2. Kemudian, di bagian Dashboard klik menu Site Explorer.
  3. Selanjutnya, masukkan domain ke kolom yang tersedia untuk mengeceknya.
  4. Tunggulah beberapa saat hingga Ahrefs menampilkan hasilnya.
  5. Nah, hasil skor DR dan UR blog tersebut bisa kamu lihat hasilnya.

Cara Cek CF TF Majestic

majestic
majestic

Majestic juga menyediakan jasa pengecekan metrik SEO untuk sebuah web. Khusus pada tools Majestic ini kamu bisa melakukan pengecekan CF dan TF dari blog yang kamu masukkan. Namun, apa yang dimaksud dengan CF dan TF ini?

Pengertian Citation Flow (CF)

CF blog atau Citation Flow adalah metrik dari Majestic yang mana dapat memperkirakan seberapa “dampak” yang diberikan dari sebuah link pada website tersebut. Citation Flow ini mempertimbangkan jumlah backlink yang mengarah pada link halaman situs web.

Selain itu, Citation Flow tidak mempedulikan seberapa baik kualitas backlink yang diberikan. Sehingga, semakin banyak domain yang dimiliki maka akan semakin baik nilainya.

Pengertian Trust Flow (TF)

TF blog atau Trust Flow adalah yang memutuskan seberapa “terpercayanya” suatu backlink yang ada pada sebuah situs web. Penilaian Trust Flow ini berdasarkan pada kualitas backlink yang ada di dalamnya.

Baca juga: Manfaat Backlink Media dan Cara Mendapatkannya

Sehingga, semakin banyak backlink dari situs-situs yang memiliki otoritas tinggi maka sudah pasti nilai Trust Flow-nya juga akan tinggi. Sehingga, jika blog kamu memiliki banyak backlink dengan otoritas tinggi, maka blog kamu akan memiliki nilai TF yang tinggi.

Cara Mengecek TF dan CF di Majestic

  1. Pertama, bukalah situs resmi Majestic di browser kamu.
  2. Kemudian, masukkan domain dan klik tombol Search.
  3. Setelah itu, akan muncul skor TF dan CF dari blog yang kamu masukkan tadi.

Mudah sekali bukan? Sekarang, tinggal ikuti saja langkah-langkah di atas untuk mengecek metrik SEO blog sesuai dengan tools yang kamu inginkan.

Sementara itu, jika kamu berencana untuk mengoptimalkan performa website dengan teknik SEO Off page, kamu bisa membeli backlink contextual di Backlink.co.id sebagai marketplace backlink terbaik di Indonesia dengan harga bersaing dan ratusan blog berkualitas di dalamnya. Selamat mencoba.

Posted by
Andy Nugroho

Blogger & SEO Content Writer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *