content placement adalahcontent placement adalah
Informasi

Content Placement: Ini Pengertian dan Manfaatnya

Blogger bisa menghasilkan uang dengan berbagai cara. Artikel advertorial adalah salah satu metodenya. Apakah Anda tahu apa itu content placement?

Jika masih belum paham, artikel ini akan menjelaskan kepada Anda tentang pengertian content placement, manfaat, serta cara untuk menentukan harganya. Tanpa perlu berlama-lama lagi, mari simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Content Placement

content placement adalahcontent placement adalah
content placement adalah

Content placement adalah aktivitas promosi jasa atau produk melalui artikel blog dengan cara menempatkan konten advertorial yang dikemas secara informatif.

Umumnya, artikel placement di blog berupa artikel review, testimoni atau edukasi. Konten tersebut bisa ditulis oleh blogger, agency, jasa penulis artikel, ataupun brand yang memasang iklan.

Artikel placement berbentuk iklan berbayar atau disebut pula sponsored post. Itulah mengapa banyak blogger yang mencari penghasilan melalui cara ini.

Baca juga: Ciri Backlink Berkualitas Tinggi untuk SEO Website

Ada dua pihak yang diuntungkan dari artikel berbayar. Pertama adalah pemilik blog karena mendapatkan uang sebagai fee publikasi. Kedua adalah pihak pemilik produk atau brand yang juga diuntungkan karena mendapatkan jangkauan promosi digital yang lebih luas dan sifatnya permanen.

Blog merupakan salah satu media yang masih eksis di masyarakat sampai saat ini. Itulah mengapa cara pemasaran produk melalui artikel review di blog masih efektif sampai sekarang.

Namun perlu dicatat bahwa blog juga harus memenuhi standar tertentu sebelum bisa dipakai untuk jualan jasa backlink review, tujuannya tentu agar aktivitas promosi lebih efektif dan efisien.

Manfaat Content Placement

manfaat content placement
manfaat content placement

Manfaat artikel placement adalah menjadi media promosi bagi brand. Selain itu, masih ada beberapa manfaat lainnya. Berikut akan dijelaskan secara lebih lengkap.

1.Optimasi SEO

Manfaat yang pertama adalah mengoptimalkan Search Engine Optimization atau SEO. Perlu dipahami bahwa SEO sendiri merupakan strategi yang dijalankan supaya website mendapatkan peringkat teratas pada laman hasil pencarian.

Salah satu cara untuk mengoptimalkannya adalah melalui penambahan backlink dari blog lain. Jasa backlink artikel review bisa memenuhi hal ini.

Ketika ada brand yang memilih memasang artikel review berbayar di blog, umumnya blog tersebut akan memberikan backlink. Pembaca akan tertarik dengan produk atau bisnis, kemudian mengklik link tersebut untuk masuk ke website brand.

2.Meningkatkan Traffic

Hal ini masih berhubungan dengan optimasi SEO yang disebutkan sebelumnya. Ketika brand menggandeng blogger untuk mempromosikan dirinya, tentu akan ada audiens baru yang melihat kontennya. Apalagi kalau blog tersebut sudah besar.

Artikel yang relevan dari blog tersebut akan membawa pengunjung-pengunjung baru ke website brand. Untuk memeriksanya, bisa gunakan Google Analytics.

Brand sebaiknya tidak hanya menempatkan artikel placement di satu blog. Semakin banyak blog yang digunakan untuk promosi maka akan semakin baik. Traffic kunjungan juga akan terus meningkat karena hal ini.

3.Metode Iklan yang Murah

Bagi brand, artikel advertorial merupakan salah satu media promosi yang ekonomis. Pasalnya, brand akan mendapatkan review positif, testimoni, brand mention sekaligus iklan di website atau blog pihak ketiga.

Hal ini jelas memberikan pengaruh positif kepada perusahaan. Apabila artikel placement sudah dipublikasikan, pihak brand bisa meneruskannya dengan mempublikasikan di media sosial.

4.Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Manfaat yang terakhir adalah meningkatkan kepercayaan pelanggan atau konsumen produk. Ketika sudah memesan content placement dan tayang, pemilik brand bisa menambahkan “Ruang Berita” di websitenya sendiri.

Hal ini bertujuan agar para pelanggan tahu bahwa brand tersebut pernah diliput oleh media. Cara ini dapat meningkatkan citra brand di mata pelanggan.

Kelebihan Content Placement Dibandingkan Promosi Lain

kelebihan content placement
kelebihan content placement

Selain memberikan berbagai manfaat seperti yang sudah dijelaskan di atas, content placement banyak dipilih karena punya beberapa kelebihan berikut ini.

  • Hemat Biaya

Pertama, content placement lebih hemat biaya dibandingkan metode promosi yang lain. Apalagi kalau dibandingkan dengan memasang iklan konvensional. Biaya yang dibayarkan oleh brand juga hanya satu kali di awal.

  • Bisa untuk Jangka Panjang

Content placement bersifat jangka panjang. Sekali tayang di blog atau website, konten tersebut akan ada di sana selamanya.

Berbeda dengan pemasangan iklan di billboard, poster, maupun menggunakan social media ads. Harus ada jangka waktu yang ditetapkan di awal. Kalau ingin lebih panjang, tentu pemilik brand harus membayar lagi.

  • Menjalin Relasi yang Saling Menguntungkan

Pemilik web dan penyedia konten bisa menjalin hubungan yang saling menguntungkan berkat content placement. Pemilik website akan mendapatkan penghasilan tambahan. Sedangkan penyedia konten mendapatkan media promosi.

  • Memberikan Backlink Berkualitas

Keunggulan terakhir adalah memberikan backlink yang berkualitas tinggi. Umumnya, pemilik website menawarkan web yang bereputasi bagus dan relevan.

Backlink yang dihasilkan dari content placement akan punya kualitas yang bagus karena berjenis contextual. Sehingga hal ini punya pengaruh positif untuk SEO off page website Anda.

Baca juga: Apa Itu Contextual Backlink? Ini Definisi dan Cara Membuatnya

Harga Content Placement

Di Indonesia, saat ini mayoritas blogger mematok kisaran angka Rp 100 ribu – Rp 500 ribu per artikel placement. Penentuan harga content placement sendiri bisa dipertimbangkan berdasarkan beberapa faktor berikut ini:

  • Jenis ekstensi domain
  • Nilai domain authority
  • Rata-rata jumlah pengunjung
  • Umur domain atau blog
  • Jenis blog (campuran atau punya niche khusus)
  • Persentase pengunjung organik dari search engine

Cara Beli Backlink Content Placement

Content placement adalah salah satu peluang bagus untuk menghasilkan uang bagi blogger. Metode ini juga sekaligus menjadi media promosi menarik bagi pemilik brand untuk menjangkau calon pelanggan secara digital.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk memasang artikel placement untuk kebutuhan promosi bisnis, launching produk, atau press release, Anda bisa menggunakan platform Backlink.co.id sebagai marketplace jasa backlink yang memiliki database ratusan blogger terbaik di Indonesia.

Tidak perlu pusing harus menghubungi blogger satu per satu, karena Backlink.co.id bisa mempermudah aktivitas jual beli backlink contextual dari blogger.

Anda tinggal memilih blog yang diinginkan, melakukan order, kemudian menunggu 3×24 jam sampai artikel review dari blogger ditayangkan. Sangat mudah bukan?

Posted by
Andy N

Founder Backlink.co.id | Blogger & SEO Specialist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *