Ciri backlink berkualitas tinggi
Informasi

Ciri Backlink Berkualitas Tinggi untuk SEO Website

Bicara soal SEO, mau tidak mau pasti akan bersinggungan dengan yang namanya backlink. Namun ingat, backlink saja tidak cukup, Anda butuh backlink dengan kualitas tinggi untuk optimasi website di mesin pencari. Lalu, seperti apakah ciri backlink berkualitas tinggi itu?

Tentunya, Anda harus tahu backlink yang berkualitas, agar tidak sembarangan menambahkan backlink ke website Anda. Nah, di bawah ini akan dibahas ciri-ciri backlink berkualitas tinggi, yang memiliki pengaruh terbaik untuk website di mesin pencari Google.

Pengertian Backlink yang Berkualitas

Ciri backlink berkualitas tinggi
Ciri backlink berkualitas tinggi

Sebelumnya kita akan membahas yang dimaksud dengan backlink. Jadi, backlink adalah semua link eksternal (berasal dari website lain) yang mengarah ke blog atau website Anda. Backlink ini memiliki value yang lebih besar daripada internal link di mata Google karena cara kerjanya seperti vote and recommendation.

Tidak semua backlink baik, karena ada jenis backlink yang dianggap spam. Nah, maksud dari backlink yang berkualitas tinggi adalah backlink yang akan memberikan dampak positif pada website, seperti bisa meningkatkan traffic, brand awareness, serta rangking di mesin pencari.

Baca juga: Jenis-jenis Backlink dan Tutorial Cara Mendapatkannya

Berbeda dengan backlink spam, yang justru bisa membahayakan website dalam jangka waktu yang lama. Contohnya saja bisa menurunkan peringkat website di Google, membuat website masuk ke sandbox dan mendapatkan penalty serta di-deindex dari Google.

Tips Mendapatkan Backlink Berkualitas Tinggi

Bagi Anda yang ingin mendapatkan backlink dengan kualitas yang tinggi, bisa cek tipsnya di bawah ini :

  • Buatlah konten dengan kualitas yang tinggi, yang akan menjadi cerminan seberapa kredibel website yang Anda kelola.
  • Manfaatkan metode guest posting di website dengan niche yang relevan dengan website Anda.
  • Buatlah skyscraper content, yaitu konten yang lebih baik daripada website kompetitor (dalam niche atau industri yang sama).
  • Buatlah konten dengan format yang menghasilkan backlink, seperti infografis, video, kuis, listicle, riset, dan lainnya.
  • Buatlah konten (artikel) dalam bentuk panduan utama, yang cenderung panjang dan komprehensif.
  • Buatlah tools gratis (template dan calculator).
  • Gunakan metode broken link building.
  • Dll.

Ciri Backlink Berkualitas Tinggi

ciri backlink yang berkualitas
ciri backlink yang berkualitas

1. Reputasi Website

Dapatkan backlink dari website dengan reputasi yang baik, misalnya saja dengan menggunakan parameter DA/PA (Domain Authority/Page Authority) dari Moz atau DR dari Ahrefs. Semakin tinggi angka DA dan DR, bisa dipastikan bahwa website tersebut memiliki reputasi yang baik.

2. Keaktifan

Pastikan mendapatkan sumber backlink dari website yang masih aktif upload artikel terbaru. Jika website tersebut sudah lama tidak memperbarui artikel, maka Googlebot akan jarang mampir. Jadi, backlink semacam ini tidak akan berdampak signifikan terhadap website Anda.

3. Traffic

Backlink yang berasal dari website dengan traffic yang bagus akan berdampak sangat positif terhadap peringkat website di Google. Dampaknya pun akan langsung terasa dalam waktu singkat, artikel yang Anda upload pun akan naik peringkat dibandingkan sebelumnya.

4. Topik Relevan

Backlink yang memiliki kualitas sebaiknya diperoleh dari situs yang membahas hal relevan atau sama dengan topik website milik Anda. Jika terlalu sulit mencari niche yang sama, setidaknya carilah backlink yang relevan atau masih ada kaitannya. Contoh, jika Anda membahas SEO, cari blog yang membahas tentang WordPress atau Digital Marketing.

5. Bahasa Konten

Backlink yang berkualitas juga berasal dari website yang menggunakan bahasa yang sama. Misalnya saja Anda menggunakan Bahasa Indonesia, maka pastikan backlink juga berasal dari website yang menggunakan Bahasa Indonesia juga agar lebih relevan.

6. Backlink Dofollow

Backlink Dofollow adalah backlink yang berkualitas, karena Googlebot bisa melacaknya. Berbeda dengan backlink tipe Nofollow, Google tidak diizinkan untuk melacaknya. Dengan menggunakan Backlink Dofollow, website Anda akan ketularan reputasi dari website sumber backlink.

7. Penempatan Link

Backlink yang bagus selalu diletakkan di badan artikel, disebut juga sebagai kontekstual backlink (contextual backlink). Bisa diletakkan di bagian awal, tengah dan akhir. Hindari meletakkan backlink di komentar, sidebar hingga footer, karena akan dianggap sebagai Backlink low quality oleh algoritma terbaru Google.

Baca juga: Apa Itu Contextual Backlink? Ini Definisi dan Cara Membuatnya

8. Penggunaan Anchor Text

Ciri backlink berkualitas tinggi berikutnya adalah diletakkan di anchor text yang sesuai. Anchor text sendiri adalah kata/kalimat yang membantu Google untuk mengenali isi dari link tujuan, jadi harus sesuai penggunaannya.

9. Sumber Variatif

Backlink yang berasal dari sumber variatif juga berkualitas, jadi tidak hanya dari artikel web lain saja, namun juga link profil media sosial, social bookmarking dan lain sebagainya. Intinya, backlink harus dibuat senatural mungkin, agar berkualitas.

10. Terindeks

Backlink yang berkualitas tinggi adalah yang terindeks oleh Google. Jadi, website yang menjadi sumber backlink tersebut harus masih terindeks oleh Google. Jika tidak, backlink tersebut tidak akan memberikan efek apapun terhadap website Anda.

Kriteria Backlink yang Berkualitas Adalah

kriteria backlink yang baik
kriteria backlink yang baik

Kesimpulannya, kriteria backlink yang berkualitas menurut Backlink.co.id adalah :

  1. Berasal dari website dengan reputasi yang baik.
  2. Berasal dari website yang aktif.
  3. Memiliki traffic yang tinggi.
  4. Relevan.
  5. Menggunakan bahasa konten yang sama.
  6. Backlink Dofollow.
  7. Ditempatkan di badan artikel.
  8. Diletakkan di anchor text yang sesuai.
  9. Berasal dari sumber yang variatif.
  10. Didapatkan dari website berusia minimal 3 bulan.
  11. Berjumlah banyak dan berkualitas.
  12. Terindeks.

Pastikan backlink di website Anda termasuk backlink berkualitas tinggi ya. Mengingat trend SEO sangat cepat berubah, ciri dan kriterianya tidak harus seperti di atas agar bisa memberikan pengaruh yang baik terhadap website.

Terus lakukan eksperimen agar website Anda lebih mudah ditemukan oleh calon konsumen. Jika Anda ingin mulai menjalankan SEO Campaign dengan menambahkan backlink, Anda bisa memanfaatkan platform Backlink.co.id sebagai marketplace backlink terbaik di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.