cara promosi produk
Informasi

Cara Promosi Produk Secara Digital Agar Lebih Dikenal

Strategi promosi barang dan jasa sudah tidak sama lagi sejak memasuki era digital. Pilihan cara promosi produk kini sudah lebih beragam. Bisa melalui jasa backlink contextual, paid promote, content placement, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, kamu harus tau cara mana yang paling cocok untuk diaplikasikan.

Di bawah ini akan dijelaskan tentang berbagai macam strategi promosi produk yang paling cocok di era digital. Supaya kamu bisa mendapatkan informasinya secara utuh, sebaiknya simak artikel ini sampai akhir.

Apa Itu Promosi dan Apa Tujuannya?

cara promosi produk
cara promosi produk

Sebelum masuk ke pembahasan tentang cara promosi produk, apakah kamu sudah tahu apa itu promosi?

Promosi adalah bentuk pendekatan yang dilakukan untuk memberikan informasi, mengingatkan, atau membujuk audiens mengenai produk tertentu.

Baca juga: Manfaat Press Release Untuk Pengenalan Produk

Pendekatan ini merupakan salah satu elemen penting dalam konsep marketing 4P. Konsep 4P tersebut meliputi product (produk), price (harga), place (tempat), dan promotion (promosi).

Strategi promosi yang dijalankan oleh perusahaan atau pemilik produk memiliki 4 tujuan utama berikut ini.

1.Attention

Promosi dilakukan untuk mendapatkan perhatian audiens terhadap produk barang atau jasa. Untuk memperoleh perhatian atau awareness, pemilik produk harus mengenali siapa yang menjadi targetnya, pesan yang ingin disampaikan, serta cara untuk menjangkaunya.

2.Interest

Selain mencari perhatian dari audiens, promosi juga bisa membuat audiens tersebut merasa tertarik dengan produk.

Untuk mendapatkan ketertarikan tersebut, kamu perlu memberikan informasi mengenai fitur, fungsi, serta keunggulan produk.

3.Desire

Strategi promosi juga bisa dipraktikkan untuk menimbulkan keinginan dalam diri audiens. Untuk meningkatkan keinginan audiens, kamu perlu menonjolkan keunggulan yang dimiliki oleh produk.

Hal ini penting karena umumnya audiens masih ragu dan menimbang-nimbang sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk.

4.Action

Tujuan terakhirnya adalah action atau mengajak audiens untuk mengambil tindakan. Dalam hal ini, contoh tindakan yang dimaksud adalah membeli produk yang dipromosikan.

Cara Promosi Produk Secara Digital

sosial media untuk promosi produk
sosial media

1. Menggunakan Media Sosial

Media sosial sudah menjadi salah satu platform yang sangat powerful untuk promosi. Di platform ini terjadi komunikasi yang cepat, efisien, dan mudah.

Kamu bisa terhubung langsung dengan audiens melalui media sosial. Selain meningkatkan awareness, media ini juga mampu meningkatkan prospek penjualan. Sudah banyak perusahaan dan brand yang membuktikan hal ini.

Berikut ini adalah beberapa tips menjalankan promosi di media sosial.

  • Buat konten yang menarik secara visual
  • Bagikan konten di waktu-waktu prime time
  • Lakukan interaksi yang konstan dengan audiens
  • Buat konten yang mengundang audiens untuk membagikannya
  • Jangan lupa tambahkan call to action (CTA)

2. Membuat Toko Online atau Website

seseorang melakukan promosi produk via laptop
promosi

Selain media sosial, website juga wajib kamu miliki untuk menjalankan promosi secara digital. Tidak sulit untuk membuat website atau toko online sendiri saat ini.

Ada banyak content management system (CMS) seperti WordPress serta seluruh template dan pluginnya yang siap membantu kamu.

Untuk memaksimalkan jangkauan website atau toko online, kamu harus menerapkan Search Engine Optimization (SEO). SEO sendiri merupakan langkah-langkah yang dilakukan supaya website masuk ke dalam halaman hasil pencarian Google secara organik.

Baca juga: Backlink Komentar, Apakah Masih Powerful untuk SEO?

Saat ini, sebagian besar orang mencari informasi dengan cara searching di Google. Oleh karena itu, tampil di laman hasil pencarian Google bisa meningkatkan awareness.

3. Vlog

vlog untuk promosi
vlog untuk promosi

Ada satu ungkapan yang sangat cocok untuk menggambarkan keadaan saat ini yaitu “visual speaks louder”. Artinya, tampilan visual atau gambar mampu berbicara lebih keras.

Orang-orang lebih menyukai konten video seperti vlog, a day in my life, dan sebagainya. Hal ini bisa kamu manfaatkan sebagai ajang promosi.

Kamu dapat membuat vlog seperti biasa, kemudian menyisipkan produk di dalam video tersebut. Cara ini sangat efektif kalau dikombinasikan dengan social media marketing.

4. Endorsement

Cara promosi produk dan jasa yang sangat efektif selanjutnya adalah melakukan endorsement. Kamu bisa mengendorse influencer yang punya audiens sesuai dengan target pasar.

Influencer memiliki followers yang sangat banyak. Bahkan satu influencer saja bisa punya followers sampai jutaan jumlahnya.

Followers dari influencer tersebut mungkin saja tidak langsung membeli produk milik kamu. Tapi setidaknya brand awareness mengalami peningkatan pesat.

5. Email Marketing

email marketing
email marketing

Rekomendasi cara promosi terakhir yang bisa kamu praktikkan di era digital seperti saat ini adalah email marketing. Strategi promosi ini sudah ada sejak lama. Bahkan sebelum media sosial marak seperti saat ini.

Kamu bisa mengirimkan email marketing kepada para calon pelanggan. Email bersifat lebih personal sehingga lebih efektif untuk menarik hati audiens untuk melakukan tindakan berikutnya.

Bagaimana cara mendapatkan email para calon pelanggan? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengumpulkan email, antara lain:

  • Menggunakan formulir pop up di website
  • Memberikan penawaran eksklusif untuk pelanggan yang berlangganan melalui email
  • Memberikan call to action di artikel website yang mengarahkan pengguna untuk mendapatkan update melalui email.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu dapat mengkombinasikan semua cara promosi produk yang sudah dijelaskan di atas.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba melakukan promosi produk via content placement yang melibatkan para blogger.

Kamu bisa coba mendaftar di platform Backlink.co.id sebagai marketplace backlink yang bisa mengakomodir aktivitas jual beli backlink contextual.

Baca juga: Tutorial Cara Beli Backlink Murah dari Blogger

Promosi jenis ini bisa mendapatkan banyak efek positif karena kamu bisa meminta blogger menuliskan artikel review, testimonial, atau bahkan rekomendasi agar para pembaca memakai produk yang dijual.

Tertarik untuk menggunakannya? Segera pesan jasa backlink contextual di marketplace Backlink.co.id.

Semoga bermanfaat.

Posted by
Andy N

Founder Backlink.co.id | Blogger & SEO Specialist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *