manfaat press release backlink media
Informasi

Manfaat Press Release Untuk Pengenalan Produk

Branding diperlukan untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat luas. Press release launching produk bisa dilakukan untuk kebutuhan branding dan pengenalan produk secara digital.

Apakah Anda masih belum familiar dengan istilah press release? Jika memang belum, sebaiknya perhatikan penjelasan yang akan disampaikan pada artikel ini.

Apa Itu Press Release?

Sebelum membahas tentang manfaat serta pentingnya press release launching produk, sebaiknya pahami pengertiannya terlebih dahulu.

Pengertian dari press release adalah pemberitahuan yang ditujukan kepada media massa yang dilakukan oleh organisasi atau perusahaan tertentu untuk memberikan informasi dan promosi kepada masyarakat luas.

Press release bisa dilaksanakan melalui portal berita, media massa online, maupun blog yang mudah diakses oleh masyarakat. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan perusahaan, organisasi, maupun produk baru.

Baca juga: Manfaat Backlink Media dan Cara Mendapatkannya

Semakin banyak orang yang mengetahui produk Anda dari press release, maka kemungkinan masyarakat akan tertarik pada produk tersebut juga lebih besar. Tidak dipungkiri, angka penjualan juga akan lebih besar di kemudian hari.

Branding melalui press release sudah dilakukan oleh banyak perusahaan besar. Jadi, tidak ada salahnya kalau Anda memanfaatkan press release media dan blogger untuk memperkenalkan produk atau bisnis baru.

Manfaat Press Release Media Online

manfaat press release backlink media
manfaat press release backlink media

Press release launching produk memiliki beberapa manfaat. Berikut ini detailnya.

1.Meningkatkan Eksposur

Eksposur merupakan salah satu hal yang sangat berharga bagi pebisnis digital maupun konvensional. Itulah mengapa endorse selebriti terkenal banyak dilakukan sejak beberapa tahun lalu.

Untuk mendapatkan eksposur besar, Anda tidak perlu membayar selebgram hingga jutaan rupiah. Pasalnya, menyebarkan artikel press release di blog-blog berkualitas secara organik bisa mendatangkan eksposur yang sama.

Tidak hanya popularitas atau eksposur, kepercayaan dari pemirsa juga tumbuh karena press release disiarkan oleh media dan sosok terpercaya.

2.Menjangkau Audiens Baru

Setiap hari, ada ratusan juta orang membaca berita di media online maupun blog. Sebagian dari mereka bisa jadi termasuk dalam target pasar bisnis Anda. Dengan press release, jangkauan bisnis dan produk Anda juga lebih luas.

Tidak menutup kemungkinan bahwa Anda akan menjangkau audiens baru melalui tayangan press release di blog maupun portal berita online.

3.Mendatangkan Traffic ke Website

Manfaat berikutnya masih berhubungan dengan eksposur. Dalam press release pasti akan menyebutkan nama bisnis dan produk Anda. Sebagian besar press release yang tayang di blog maupun portal berita juga akan memberikan backlink ke website Anda.

Backlink atau tautan tersebut sangat berarti bagi performa SEO website bisnis Anda. Eksposur yang besar akan mendatangkan pengunjung referal dalam jumlah besar ke website. Artinya, jumlah engagement website juga akan mengalami peningkatan.

4.Meningkatkan Potensi Penjualan Produk

Ketika eksposur meningkat, ada audiens baru yang dijangkau sehingga potensi penjualan produk juga turut mengalami peningkatan.

Penjualan bisa meningkat kalau press release yang disiarkan oleh blogger atau portal berita online cukup menarik perhatian audien. Anda bisa menyoroti keunggulan produk dan perbedaannya dengan kompetitor.

Dengan begitu, press release yang dilakukan akan menjadi perhatian dan sorotan dalam kurun waktu tertentu. Alhasil, calon pelanggan pun akan tertarik untuk membeli produk Anda.

5.Mendatangkan Investor

Mengembangkan bisnis dengan modal pribadi terkadang berat untuk dilakukan. Apalagi untuk pebisnis pemula yang sedang merintis usahanya. Oleh karena itu, diperlukan investor untuk mengembangkan usaha.

Tahukah Anda bahwa press release bisa menjadi salah satu jalan untuk mendapatkan investor berkantong tebal? Hal ini bukan mustahil karena sebagian dari investor biasanya membaca press release yang tayang media online.

Jika Anda memang mencari investor, tugas Anda adalah membuat produk dan bisnis Anda tampak menarik dan memiliki prospek cerah di masa mendatang.

6.Mengoptimalkan SEO Website

Menayangkan press release, baik di portal berita nasional maupun blog secara contextual akan mendatangkan backlink. Backlink menjadi salah satu faktor penting dalam SEO off page.

Baca juga: Apa Itu Contextual Backlink?

Press release juga akan meningkatkan visibilitas website Anda. Dengan begitu, artikel, konten, atau produk Anda akan lebih mudah dicari di internet menggunakan keyword yang relevan.

Ketika press release tayang di website atau blog lain, Google akan mengindeksnya. Hal ini akan membantu Anda untuk meningkatkan peringkat di SERP.

Bukan tidak mungkin website Anda akan menempati peringkat teratas di halaman hasil pencarian Google. Secara tidak langsung, press release akan meningkatkan traffic kunjungan ke website secara organik.

Pentingnya Press Release Blogger untuk Pengenalan Produk

pentingnya press release
pentingnya press release

Press release kerap dilakukan untuk memperkenalkan produk baru. Media ini sudah lama terbukti efektivitasnya.

Press release launching produk dapat digunakan untuk menyebarkan informasi produk dengan lengkap. Audiensnya juga sangat luas.

Keunggulan utama dari press release adalah dapat memuat informasi yang banyak, lebih lengkap dan waktu tayang lebih panjang dari iklan PPC. Hal ini sangat penting dalam mengenalkan dan mempromosikan produk.

Press release yang dilakukan di blogger skala nasional sudah jelas memiliki audiens yang sangat luas, sampai ke seluruh penjuru negeri ini.

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa press release launching produk memiliki dampak besar. Tidak hanya untuk memperkenalkan produk itu sendiri, tapi juga sebagai media branding bagi perusahaan.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk menyebarkan press release launching produk ke blogger dan media online, Anda bisa memanfaatkan platform Backlink.co.id.

Sebagai marketplace, Backlink.co.id bisa membantu menghubungkan pebisnis dengan para blogger terbaik di Indonesia. Nikmati kemudahan jual beli backlink secara real time dengan garansi pembayaran yang aman dan nyaman. Yuk, coba sekarang!

Posted by
Andy N

Founder Backlink.co.id | Blogger & SEO Specialist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *