backlink komentar untuk SEO - Backlink.co.id
Informasi

Backlink Komentar, Apakah Masih Powerful untuk SEO?

Tidak bisa dipungkiri, backlink memiliki peran penting dalam strategi SEO (Search Engine Optimization). Terlepas dari pro dan kontra, di antara sekian banyak jenis backlink yang ada, backlink komentar adalah salah satu jenis tautan yang mungkin paling populer atau bahkan paling sering digunakan.

Karena selain relatif lebih mudah didapatkan, backlink jenis komentar juga tersedia secara gratis tanpa harus membayar.

Baca juga: Backlink Redirect: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Pada artikel kali ini kita akan sama-sama membedah mitos terkait backlink comment, apakah jenis tautan ini masih efektif dan powerfull untuk SEO, serta sejumlah tips lain yang nantinya bisa membantu mengubah cara pandang Anda terhadap peran backlink di era SEO modern.

Penasaran seperti apa pembahasannya, yuk langsung saja simak artikel selengkapnya.

Mengenal Karakteristik Backlink Komentar

backlink komentar untuk SEO - Backlink.co.id
backlink komentar untuk SEO

Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia SEO, pasti sudah familiar dengan backlink komentar. Aktivitas mencari backlink dari website lain tersebut bahkan sempat dikemas dalam gerakan bernama blogwalking.

Berukut merupakan beberapa karakteristik yang dimiliki oleh backlink comment. Ciri ini juga menjadi landasan kenapa di era SEO modern seperti sekarang tautan jenis ini mulai ditinggalkan.

  • Biasanya Bersifat Nofollow

Pertama, jenis backlink komentar sebagian besar bersifat nofollow sehingga tidak punya power signifikan di mata algoritma Google. Tipe backlink yang baik dan bernilai tinggi yakni jenis dofollow yang bisa Anda dapatkan dari artikel content placement, sponsored post, advertorial, atau blogroll.

Backlink nofollow memang masih dibutuhkan sebagai diversifikasi backlink profile, agar website lebih natural. Namun ada cara lain untuk mendapatkan link nofollow yang jauh lebih efektif, efisien, serta punya nilai tinggi untuk brand dan user secara jangka panjang.

Baca juga: Perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow

Faktor nofollow mungkin menjadi salah satu alasan terbesar kenapa backlink comment mulai ditinggalkan. Meskipun beberapa website saat ini masih ada yang memberikan link dofollow kedalam profil komentar website mereka.

  • Posisi Link Sulit Terlihat oleh Pembaca

Jika dibandingkan dengan backlink contextual yang ada di dalam artikel atau blogroll yang berada di bagian sidebar, posisi backlink komentar ada di sebelah bawah postingan sehingga relatif sulit terlihat oleh pembaca.

Belum lagi jika jumlah komentarnya ada ribuan, dan pemilik website menggunakan pagination untuk menampilkan beberapa komentar terbaru saja.

Kondisi tersebut tentu kurang optimal untuk melakukan branding ataupun mencari calon pengunjung. Pasalnya, brand yang kita sematkan belum tentu bisa dilihat oleh banyak orang.

  • Bisa Didapatkan oleh Semua Orang

Backlink yang baik dan bernilai tinggi adalah backlink yang tidak bisa didapatkan oleh semua orang.

Inilah salah satu alasan kenapa brand atau perusahaan besar seperti tokopedia, bukalapak, traveloka, dan lainnya memilih untuk mengajak blogger bekerjasama melalui content placement.

Beberapa tahun lalu, praktisi SEO dari brand-brand besar tersebut masih harus menghubungi blogger satu per satu secara manual. Sebuah pekerjaan yang memakan banyak waktu, tenaga dan pikiran.

Kabar baiknya, saat ini sudah ada platform Backlink.co.id sebagai marketplace jasa backlink yang bisa mempertemukan brand dengan ribuan blogger berkualitas dari seluruh Indonesia. Sehingga proses jual beli backlink dan kerjasama bisa lebih cepat.

Ketika perlu optimasi SEO Off-page website baru, promo launching produk, atau jasa review produk via blogger misalnya. Anda tinggal daftar, kemudian melakukan order content placement dengan menyertakan brief seperti belanja online pada umumnya.

Selan itu, di Backlink.co.id setiap artikel pesanan rata-rata sudah akan tayang dalam waktu 3×24 jam saja. Sangat cepat, bukan?

Tips Memasang Backlink Komentar Agar Tetap SEO Friendly

Cara membuat backlink SEO Friendly
Cara membuat backlink SEO Friendly

Jika Anda masih tetap bersikukuh menggunakan teknik ini, kami memiliki beberapa tips yang bisa Anda gunakan.

Pada dasarnya, backlink komentar memang belum sepenuhnya mati, hanya saja kekuatan dan opsinya semakin lemah di mata algoritma mesin pencari.

1.Gunakan Nama Profil yang Jelas

Masalah utama yang perlu ditinggalkan oleh para pencari backlink jenis komentar adalah penggunaan nama yang tidak manusiawi. Biasanya mereka menggunakan keyword atau kata-kata CTA yang bertujuan menarik pengunjung.

Jaman dulu mungkin trik ini masih berhasil, tapi netizen jaman sekarang sudah pandai, demikian juga dengan algoritma Google.

2.Berikan Komentar Sesuai Isi Artikel

Jangan sekali-kali menulis komentar yang isinya tidak nyambung atau bahkan bersifat general. Selain menurunkan kesempatan komentar Anda untuk di-approve oleh admin, hal ini juga tidak memberikan nilai unik kepada pengunjung website yang melihat komentar Anda.

3.Komentar Hanya di Website dengan Authority Tinggi

Meninggalkan kebiasaan menempatkan backlink di dalam komentar mungkin masih sulit bagi beberapa orang. Salah satu solusinya yakni bisa mengurangi atau memfilter kualitas website yang akan dijadikan target.

Alih-alih berkomentar di website medioker, Anda bisa memilih website besar yang sudah terkenal sebagai target.

4.Jangan Melakukan Spam

Terakhir, hindari aktivitas spamming. Melakukan spam adalah tindakan yang salah, tidak hanya dalam konteks untuk mendapatkan tautan tapi juga dalam konteks lain.

Baca juga: Bahaya Backlink Spam Beserta Cara Menghapusnya

Jika kamu punya target website untuk menambah 100 backlink, jangan lakukan dalam satu atau dua hari saja. Tapi sebaiknya dilakukan secara acak dan bertahap agar Google tidak curiga adanya penambahan link secara signifikan.

Apakah Backlink Komentar Masih Powerfull untuk SEO?

Apakah backlink comment masih powerful untuk SEO?
Apakah backlink comment masih powerful untuk SEO?

Itulah ulasan terkait apa itu backlink komentar, manfaat backlink komentar, serta informasi lainnya terkait link building dengan teknik ini.

Lantas, apakah backlink komentar masih powerfull untuk SEO? Jawabannya tentu tergantung dengan strategi dan tujuan optimasi SEO masing-masing website.

Pertama, Jika Anda dipercaya untuk optimasi website perusahaan dengan nama domain yang sudah menjadi trademark, perlu branding, dan mengutamakan leads, sebaiknya menggunakan contextual backlink dari blogger yang bisa didapatkan via marketplace Backlink.co.id, bukan backlink komentar.

Tapi jika kamu adalah seorang blogger yang tidak punya beban moral ketika website terkena deindex, tidak butuh branding, serta bisa berganti domain kapan saja. Maka backlink komentar masih bisa digunakan untuk menjalin silaturahmi sesama blogger serta memperkenalkan blog ke orang lain!

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *