cara memperbanyak backlink berkualitas
Tutorial

Rahasia Cara Memperbanyak Backlink yang Aman

Biasanya, pemilik website baru sudah kebingungan memikirkan bagaimana cara memperbanyak backlink. Backlink memang memiliki peranan yang sangat penting, karena termasuk salah satu teknik SEO yang ampuh. Namun, daripada memikirkan kuantitas, lebih baik Anda memikirkan kualitas dari backlink tersebut.

Backlink yang terlalu banyak, apalagi dari sumber yang tidak jelas, akan dianggap sebagai spam oleh Google. Nah, yang harus Anda pikirkan sekarang adalah bagaimana cara memperbanyak backlink yang berkualitas, agar SEO website meningkat dengan signifikan.

Tips Cara Memperbanyak Backlink untuk Website Baru

cara memperbanyak backlink berkualitas
cara memperbanyak backlink berkualitas

Website baru memang memiliki pekerjaan yang lebih banyak dibandingkan dengan website yang sudah berumur. Meskipun begitu, jangan minder, karena Anda memiliki cukup banyak waktu untuk membuat website tersebut bisa bersaing di page one.

Salah satu caranya adalah melakukan optimasi SEO OFF Page, yaitu dengan menggunakan backlink. Backlink sendiri adalah link yang terpasang di suatu website (website lain) yang mengarah ke website Anda.

Baca juga: Manfaat Backlink Media dan Cara Mendapatkannya

Jika backlink tersebut berasal dari situs dengan authority tinggi, maka hal ini akan memberikan dampak yang baik kepada situs Anda. Seolah, website dengan otoritas tinggi tersebut juga mereferensikan website Anda kepada pembaca mereka.

Semakin banyak backlink yang dimiliki, tentu semakin bagus. Lalu, bagaimana cara memperbanyak link tersebut? Ada banyak tips dan cara yang bisa dilakukan, namun disarankan untuk lebih fokus ke kualitas backlink daripada kuantitasnya.

Maksudnya adalah, memperbanyak backlink mungkin mudah, namun mencari backlink yang berkualitas adalah yang terpenting. Karena, dari backlink kualitas tinggi tersebut lah peringkat dan reputasi website akan meningkat.

Jika Anda fokus ke jumlah backlink yang banyak, hal ini justru berpotensi menjerumuskan Anda ke strategi link building yang dianggap spam oleh Google.

Jika ini terjadi, katakan selamat tinggal pada halaman pertama Google, karena mesin pencari tersebut akan melakukan deindeks website Anda dan memberikan penalti.

Contoh Strategi Link Building

Mungkin Anda pernah beranggapan bahwa sangat mudah untuk memperbanyak backlink. Memang iya, namun ingat bahwa algoritma mesin pencari tidak sebodoh yang kita kira. Backlink memang banyak, namun Google bisa menilai mana yang bagus, mana yang biasa dan mana yang dianggap spam.

Tentunya, Anda tidak mau asal memperbanyak backlink, yang mayoritas spam. Ingat, bahwa 1 backlink yang berkualitas tinggi akan lebih baik daripada 100 backlink yang biasa saja atau bahkan spam (sampah). Jadi, jika ingin efek yang bagus, maka harus mencari backlink yang berkualitas.

Cara memperbanyak backlink adalah dengan mencari backlink berkualitas tinggi. Untuk mendapatkan backlink yang berkualitas, Anda bisa menggunakan strategi link building di bawah ini :

  1. Dapatkan backlink dari situs resmi dan terpercaya, yaitu situs yang memiliki otoritas tinggi di mata mesin pencari.
  2. Jangan meletakkan link secara sembarangan, letakkan link tersebut di anchor text yang sesuai dan relevan.
  3. Dapatkan backlink dari website dengan topik atau niche yang sama.
  4. Gunakan Backlink Dofollow agar Google bisa merayapinya.
  5. Dapatkan link dari website otoritas yang beragam, lebih baik daripada satu website.
    Gunakan tipe contextual backlink

Cara Memperbanyak Backlink yang Aman

backlink yang aman
backlink yang aman

Backlink dalam jumlah yang banyak akan sangat disukai Google, asalkan backlink tersebut memiliki kualitas yang tinggi. Lalu, bagaimana cara memperbanyak backlink yang aman? Memang, tidak semua backlink aman, karena ada yang dianggap spam oleh Google dan justru berbahaya.

Backlink yang berkualitas dan aman bisa memiliki ciri khas seperti di bawah ini:

  • Datang dari sumber yang terpercaya, misalnya saja datang dari website populer dengan reputasi yang baik, seperti Tempo, Kompas, Tirto dan lain sebagainya.
  • Memiliki potensi untuk memberikan referral traffic, sehingga traffic atau pengunjung website Anda meningkat.
  • Topik website asal backlink memiliki niche yang sama atau relevan dengan konten Anda, membuat backlink berkualitas dan natural di mesin pencari.

Selain mendapatkan backlink berkualitas tinggi, Anda pun harus menghindari backlink yang toksik, alias memiliki kualitas rendah. Backlink semacam ini akan merugikan website Anda, mulai dari menurunkan peringkat di Google, di-deindex, mendapatkan penalti dan lainnya.

Adapun backlink yang dianggap spam atau toksik adalah seperti di bawah ini:

  1. Berasal dari sumber yang mencurigakan.
  2. Tidak sesuai dan relevan dengan topik konten yang Anda buat.
  3. Link spam yang berasal dari kolom komentar blog, jangan pernah memasukkan link di kolom komentar blog orang lain.
  4. Menggunakan anchor teks yang sama persis.
  5. Berasal dari situs yang tidak terindeks oleh Google.
  6. Disembunyikan di footer. Dll.

Baca juga: Bahaya Backlink Spam dan Tutorial Cara Menghapusnya

Jenis Backlink yang Disukai Google

jenis backlink
jenis backlink

Pahami juga backlink yang disukai oleh Google, yaitu yang seperti di bawah ini:

  • Backlink Kontekstual
  • Link Profile Backlink
  • Social Bookmark Backlink
  • Document Sharing Backlink
  • Image Sharing Backlink
  • Blogroll Backlink
  • Social Media Backlink
  • Relevan.
  • Berasal dari domain dengan authority tinggi.
  • Backlink yang berumur.
  • Eksis di website dengan traffic tinggi.
  • Backlink Dofollow.

Cara memperbanyak backlink di atas bisa Anda terapkan untuk meningkatkan performa website di mesin pencari. Ingat, alih-alih fokus ke jumlah backlink, Anda harus fokus ke kualitas backlink tersebut, karena backlink banyak namun tidak berkualitas juga tidak ada gunanya.

Posted by
Andy N

Founder Backlink.co.id | Blogger & SEO Specialist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *