cara monetize blog selain Google AdSense
Informasi, Tips

Cara Monetize Blog Selain Pasang Google AdSense

Sebagai blogger atau content creator, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan Google AdSense. Pasalnya, platform besutan Google ini biasa digunakan sebagai cara monetize blog atau video YouTube sebagian besar netizen.

Pertanyaannya, apakah saat ini ada alternatif Google AdSense sebagai cara lain untuk monetisasi blog? Jawabannya, Ada!

Jadi, jika kamu merasa frustasi atau putus asa karena website yang didaftarkan tak kunjung bisa memasang iklan AdSense, kamu bisa menggunakan cara alternatif berikut ini untuk mendulang pundi-pundi uang.

Cara Monetize Blog Selain dari Iklan PPC

cara monetize blog selain Google AdSense
cara monetize blog selain Google AdSense

Ada banyak cara monetize blog atau website yang bisa kamu pilih. Mulai dari jualan produk sendiri, jual backlink dalam bentuk kerjasama sponsored post, hingga mempromosikan jasa atau produk orang lain.

Berikut merupakan contoh yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

1.Jual Backlink Content Placement

content placement
content placement

Cara menghasilkan uang dari blog pertama selain dari iklan Google AdSense adalah dengan menjual jasa backlink contextual dalam bentuk artikel placement.

Cara ini belakangan sudah lumrah dilakukan, baik oleh blogger personal maupun media nasional.

Untuk mulai monetize blog dengan metode kerjasama content placement, sponsored post, atau advertorial sendiri caranya sangat mudah.

Kamu bisa daftar ke platform marketplace backlink, Backlink.co.id, jika akun sudah aktif, kamu tinggal menambahkan blog sebagai aset agar bisa ditemukan oleh brand atau advertiser yang tertarik untuk mengajak kerjasama.

Menariknya, ketika melakukan submit blog, kamu bisa menentukan sendiri harga atau rate card sesuai keinginan untuk setiap kerjasama penulisan artikel dari brand.

Kamu bisa mendapatkan potensi penghasilan hingga jutaan rupiah per bulan dengan menekuni aktivitas jual backlink. Untuk harganya sendiri rata-rata dipatok sekitar Rp100 ribu – Rp350 ribu per artikel.

Benefit tersebut tentu tergolong lumayan bagi para blogger, karena jika dalam sebulan berhasil mendapat job content placement 10 kali saja, maka kamu sudah bisa mengantongi penghasilan minimal Rp1 juta.

Monetize blog dengan cara ini juga tidak terlalu ribet, karena kamu tidak perlu susah payah meningkatkan jumlah traffic organik yang saat ini semakin susah akibat munculnya media-media besar.

Baca juga: Manfaat Backlink Media dan Cara Mendapatkannya

Kelebihan lainnya, skema monetisasi lewat artikel placement ini juga cukup elegan karena pemilik blog tidak harus memasang script iklan yang bisa menambah beban waktu loading website.

Kamu cukup menyajikan konten artikel sesuai gaya bahasa serta ciri khas blog, kemudian sisipkan kalimat promosi secara soft selling ataupun hard selling (sesuai permintaan klien) dan jangan lupa juga untuk menyisipkan backlink dofollow.

2.Afiliasi Produk Digital

bisnis afiliasi
bisnis afiliasi

Pilihan berikutnya yang bisa kamu manfaatkan untuk monetize blog yakni dengan menekuni bisnis afiliasi.

Apa itu bisnis afiliasi?

Singkatnya, afiliasi adalah sebuah program yang dirancang untuk para publisher, sehingga mereka bisa mendapatkan komisi dari setiap penjualan produk yang berhasil mereka dapatkan.

Skema afiliasi memungkinkan para blogger, content creator atau influencer untuk mendapatkan uang dari setiap produk yang mereka rekomendasikan ke para penikmat konten.

Jika ada penggemar yang membeli produk tersebut lewat link afiliasi kamu, maka kamu akan mendapatkan komisi dari 10% sampai 70%. Bagaimana, sangat menarik bukan?

Adapun bisnis afiliasi yang saat ini menawarkan komisi hingga 70% sendiri tidak lain adalah produk digital dan perbankan. Salah satunya adalah afiliasi layanan web hosting dan bank digital.

Di Indonesia, peluang bisnis afiliasi masih sangat terbuka lebar. Terlebih dengan kemunculan startup serta perusahaan digital yang cepat atau lambat pasti menawarkan skema afiliasi agar pertumbuhan mereka semakin melesat.

Jika kamu ingin sukses di bisnis ini, pastikan bahwa kamu punya blog dengan konten yang tertarget.

Misalnya, blog yang secara khusus membahas keuangan, blog kesehatan, tips dan trik cara membuat website, atau niche lain yang sedang berkembang.

3.Jualan Produk atau Jasa Sendiri

jual produk sendiri
jual produk sendiri

Terakhir, kamu bisa mencoba memasarkan produk atau jasa sendiri melalui website agar lebih banyak dikenal calon pelanggan.

Di awal mungkin kamu akan kesulitan dalam menemukan ide produk, tapi cara ini merupakan salah satu metode terbaik untuk mendapatkan pundi-pundi uang dari blog, karena di era teknologi seperti sekarang hampir setiap orang mencari review produk di internet sebelum belanja online.

Baca juga: Manfaat Press Release Untuk Pengenalan Produk

Itulah beberapa alternatif Google AdSense yang bisa kamu gunakan untuk monetize blog. Pada dasarnya, cara mendapatkan uang dari blog saat ini memang masih terbuka lebar.

Apalagi jika kamu berhasil membangun sebuah website dengan konten yang unik dan banyak disukai oleh audiens.

Jadi, cara mana nih yang bakal kamu coba pertama, apakah jual backlink content placement via marketplace Backlink.co.id? Bisnis afiliasi? Atau justru tertarik untuk promosi produk buatan sendiri?

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *