Cara promosi aplikasi - backlink.co.id
Tips

Cara Promosi Aplikasi Agar Digunakan Banyak Orang

Saat ini hampir semua layanan punya aplikasi untuk mengakomodir kebutuhan user. Tidak hanya aplikasi bisnis dan hiburan, sektor pemerintahan juga sudah banyak yang membuat aplikasi guna memudahkan proses pengurusan dokumen. Pertanyaannya adalah, bagaimana cara promosi aplikasi tersebut agar bisa digunakan banyak orang?

Membuat aplikasi merupakan salah satu project yang tidak gampang. Selain butuh modal besar untuk pengembangan, diperlukan juga strategi cara promosi aplikasi yang jitu agar bisa dikenal banyak orang.

Nah, jika saat ini kamu sedang mencari cara mempromosikan aplikasi di Play Store atau App Store, maka kamu sudah ada di artikel yang tepat. Pasalnya, pada kesempatan kali ini Backlink.co.id akan membagikan tips mempromosikan aplikasi agar didownload banyak orang. Simak informasinya sampai bagian akhir ya!

Baca juga: Cara Promosi Produk Secara Digital Agar Lebih Dikenal

Cara Promosi Aplikasi Agar Banyak Dikenal Orang

Cara promosi aplikasi - backlink.co.id
Cara promosi aplikasi – backlink.co.id

1.Memasang Iklan Pay Per Download

Bicara soal promosi tentu tidak bisa dilepaskan dari paid ads atau iklan berbayar. Menariknya, saat ini Google Ads sudah mengakomodir campaign iklan pay per download yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan jumlah user aplikasi di play store maupun app store.

Agar strategi yang dijalankan bisa membuahkan hasil yang memuaskan, kamu perlu menyiapkan budget yang cukup untuk memasang iklan. Pastikan juga sebelumnya kamu sudah melakukan A/B testing terkait pemilihan audiens dan karakteristik user persona.

2.Menyusun Strategi Apps Campaign di Media Sosial

Cara promosi aplikasi paling banyak digunakan adalah dengan menjalankan campaign di media sosial. Contoh campaign yang bisa kamu lakukan yakni melakukan kolaborasi dengan influencer atau public figure agar mereka bisa mempopulerkan aplikasi tersebut.

Cara ini bisa dibilang cukup efektif untuk meningkatkan pengguna baru. Namun, hype yang ditimbulkan sifatnya hanya sementara dan bisa ditiru oleh kompetitor lainnya.

3.Menjalankan App Store Optimization (ASO)

App Store Optimization
App Store Optimization

Apa itu App Store Optimization (ASO) secara singkat, App Store Optimization adalah sebuah upaya yang dilakukan agar aplikasi bisa muncul di urutan teratas hasil pencarian Google Play Store maupun Apple App Store.

Posisi aplikasi yang berada di rangking teratas tentu akan meningkatkan peluang bagi aplikasi tersebut untuk dilihat dan didownload oleh pengguna secara organik.

Lantas, bagaimana cara menjalankan ASO sebagai salah satu cara promosi aplikasi?

Langkah-langkah App Store Optimization sendiri bisa dilakukan secara bertahap dengan variabel yang hampir mirip seperti Search Engine Optimization. Kamu bisa mengoptimalkan aplikasi dengan cara membuat judul yang menarik, melengkapi deskripsi dengan informasi bermanfaat serta mengandung keyword, atau menambahkan gambar yang relevan.

4.Membuat Website untuk Promosi Aplikasi

Era digital seperti sekarang rasanya hampir setiap bisnis harus memiliki website agar lebih mudah ditemukan via internet, tidak terkecuali dengan aplikasi yang kamu buat.

Kamu bisa membuat website landing page sederhana sebagai salah satu cara promosi aplikasi. Buat website agar lebih SEO Friendly dengan mengoptimalkan kecepatan loading website, mengisi dengan konten bermanfaat, serta membuat struktur navigasi yang mudah dipahami.

Jangan lupa, agar website memiliki performa lebih maksimal, jalankan juga strategi SEO Off-page dengan menggandeng blogger untuk menulis review dan memberikan backlink contextual. Dapatkan jasa backlink berkualitas untuk promosi aplikasi mulai dari Rp 50 ribuan, hanya di marketplace Backlink.co.id.

5.Mengikuti Event untuk Mempromosikan Aplikasi

mengikuti event untuk promo aplikasi
mengikuti event untuk promo aplikasi

Mengikuti event bisa juga menjadi salah satu cara promosi aplikasi agar banyak di download. Di luar negeri, ada banyak event teknologi yang ditujukan khusus untuk pameran para pengembang aplikasi, contoh event yang lumayan besar antara lain Techcrunch Disturb dan SXSW.

Baca juga: Cara Memasarkan Produk Secara Online dengan Blog

Jika kamu pernah menonton series HBO berjudul Silicon Valley, ada satu episode dimana Pied Piper sebagai aplikasi Data Compression melakukan promosi aplikasi di event SXSW (South by Southwest) dan HooliCon. Mereka membuka booth dan menawarkan merchandise bagi siapa saja yang tertarik untuk mencoba aplikasi Pied Piper.

6.Menyebarkan Press Release di Media

Cara berikutnya yaitu dengan menyebarkan atau memasang press release di media online. Ada banyak pengembang aplikasi yang sudah menerapkan cara ini dan mendapatkan hasil yang cukup baik. Salah satu di antaranya adalah project aplikasi tambal ban Jogja yang dibuat pada tahun 2014 oleh mahasiswa di salah satu universitas di Yogyakarta.

Agar lebih menarik di mata wartawan, pengembang aplikasi tersebut menceritakan proses pengumpulan database yang ia lakukan secara manual, langsung dengan mendata satu per satu penyedia layanan tambal ban di sekitar Jogja.

Kegigihan tersebut akhirnya berhasil membuat aplikasi Tambal ban Jogja dimuat di Tribunnews dan digunakan oleh belasan ribu pengguna dalam waktu singkat.

Cara ini juga bisa kamu lakukan untuk mempromosikan aplikasi di Play Store. Tak perlu khawatir jika kamu tidak memiliki kontak wartawan, karena Backlink.co.id juga menyediakan jasa press release yang bisa tayang di lebih dari 200 media online nasional. Seperti detikcom, liputan6, tribunnews, inilah, merdekacom, dan masih banyak lagi. Biaya jasa press release sendiri berkisar antara Rp 800- 3 juta rupiah saja. Sangat terjangkau, bukan?

7. Rajin Membuat Konten untuk Promosi Aplikasi

membuat konten untuk mempromosikan aplikasi
membuat konten untuk mempromosikan aplikasi

Terakhir namun tidak kalah penting, kamu bisa mempromosikan aplikasi startup atau perusahaan dengan cara membuat konten edukasi untuk menarik audiens. Pembuatan konten ini bisa dalam bentuk hal, misalnya seperti konten infografis yang diposting di media sosial atau video yang bisa dibagikan via YouTube, TikTok dan Instagram.

Ada banyak tutorial bagaimana cara membuat video promosi aplikasi. Langkah-langkahnya relatif sederhana, karena mayoritas lebih menunjukkan fitur dan cara pakai aplikasi sehingga tidak perlu ide atau konsep rumit.

Itulah beberapa cara promosi aplikasi yang bisa kamu lakukan. Aplikasi memang perlu dikenal banyak orang agar bisa mendatangkan cuan. Salah satu cara paling efektif selain pasang iklan adalah dengan mengajak blogger untuk membuat review positif terkait apps yang ingin kamu promosikan.

Jika kamu tertarik mencoba cara ini, ada lebih dari 1,000 blogger Indonesia yang tergabung di marketplace Backlink.co.id. Mereka siap membantu mempromosikan aplikasi kamu agar lebih mudah ditemukan secara digital. Yuk coba sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *