Apa itu website? - backlink.co.id cover
Informasi, Website

Apa Itu Website? Ini Pengertian dan Fungsinya

Di era yang semakin canggih ini kuota internet merupakan hal utama dalam kebutuhan manusia. Bahkan tidak sedikit pula orang yang menganggap bahwa kuota internet menjadi kebutuhan primer. Hal ini dikarenakan internet sangat berperan penting bagi kehidupan. Saat ini bekerja, belajar hingga bermain bisa dilakukan menggunakan internet.

Pasti setiap harinya Anda sering membuka berbagai halaman seperti Google, CNN, Facebook, Kompas dan lain-lain. Meski sangat dekat dengan website pasti sebagian besar orang belum mengetahui apa itu pengertian website. Nah, bagi Anda yang penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang apa itu website, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian website Menurut Para Ahli

apa itu website menurut para ahli
apa itu website menurut para ahli

Secara umum website merupakan segala hal yang Anda buka melalui jaringan internet. Seperti misalnya toko online, google, facebook, CNN dan lain-lain. Meski makna dari definisinya hampir sama, agar lebih afdol Anda juga perlu mengetahui pengertian website menurut para ahli, seperti:

Menurut Taufiq Hidayatullah pada tahun 2002 website merupakan suatu bagian yang paling terlihat sebagai jaringan terbesar di dunia yaitu internet

Menurut Suwanto Raharjo pada tahun 2000 website adalah layanan yang paling banyak digunakan daripada layanan lainnya seperti gopher, stp, news dan email.

Menurut Gregorius pada tahun 2000 pengertian website adalah kumpulan halaman yang saling terhubung dan semua filenya saling berkaitan. Website sendiri terdiri dari kumpulan halaman yang bisa disebut dengan homepage.

Letaknya berada di paling atas disertai dengan beberapa halaman terkait di bawahnya. Biasanya setiap halaman homepage disebut dengan child page yang berisi hyperlink ke halaman lain pada sebuah website.

Macam-Macam Fungsi Website

fungsi website
fungsi website

Setelah mengetahui tentang pengertian website secara detail kini saatnya Anda mengetahui lebih dalam mengenai website. Tentunya website ini memiliki berbagai fungsi yang menarik dan bermanfaat bagi para penggunanya, seperti:

1.Media Hiburan

Salah satu contoh website yang berfungsi sebagai media hiburan adalah Youtube. Yang merupakan sebuah website dengan kunjungan terbanyak di dunia. Selain menyajikan informasi berupa video yang menarik, Youtube juga dapat menyegarkan otak lho.
Hal ini dikarenakan banyak sekali konten hiburan yang disajikan. Seperti misalnya video lucu, kartun dan lain-lain. Bahkan video yang kerap trending di Youtube adalah video berjenis hiburan.

2.Media Informasi

Fungsi utama website adalah sebagai sumber informasi. Sebagai contoh misalnya Anda mencari sebuah informasi tentang “cara menggunakan aplikasi Android”, pasti yang dimunculkan oleh Google adalah berbagai informasi yang sedang Anda cari tersebut.

3.Media Komunikasi

Sadarkah Anda bahwa Twitter, Facebook, Instagram dan lain-lain pada awalnya hanyalah sebuah website? Dengan menggunakan media sosial tersebut, Anda bisa melakukan komunikasi dengan siapa saja. Bahkan, dengan orang yang berada di luar kota, luar pulau dan luar negeri.

4.Media Belajar

Fungsi selanjutnya yang bisa Anda nikmati dari website adalah dapat digunakan sebagai media belajar. Pasalnya banyak sekali media belajar online yang bisa Anda gunakan seperti Quipper Video, Ruang Guru dan lain-lain. Disana Anda dapat mempelajari berbagai mata pelajaran dengan mudah dan terarah.

5.Media Bisnis atau Jual Beli

Saat ini hampir semua barang yang diperjual belikan secara online. Ya, mulai dari kebutuhan pokok hingga furniture bisa Anda beli menggunakan website. Dulu ketika Anda ingin membeli baju atau sepatu pasti harus pergi ke toko dan melakukan antri panjang saat di kasir. Namun saat ini Anda bisa lebih mudah dalam berbelanja hanya dengan menggunakan gadget.

Banyak sekali pengertian website yang dikemukakan oleh para ahli. Namun, secara umum website merupakan segala hal yang Anda buka menggunakan jaringan internet. Tentu saja website ini memiliki berbagai fungsi bagi para penggunanya. Dengan demikian, melakukan hanya dengan di rumah saja akan lebih mudah jika Anda memiliki jaringan internet yang baik.

Posted by
Andy N

Founder Backlink.co.id | Blogger & SEO Specialist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *